5 Ide Bisnis untuk Mahasiswa saat Ramadhan, Modal Kecil Untung Besar!

- Minggu, 3 April 2022 | 12:39 WIB
Ilustrasi berjualan makanan (Unsplash/Alex Liew)
Ilustrasi berjualan makanan (Unsplash/Alex Liew)

Ramadhan menjadi bulan yang selalu dinanti umat muslim. Selain penuh keistimewaan ibadah, beberapa tradisi tertentu, seperti ngabuburit dan takjil, hanya dapat ditemukan saat Ramadhan.
 
Tak hanya itu, Ramadhan juga identik dengan meningkatnya kebiasaan berbelanja. Meningkatnya kebiasaan tersebut menjadi peluang bisnis bagi banyak orang, tak terkecuali para mahasiswa.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Anti Mainstream di Bulan Ramadhan, Bakal Jadi Jutawan Dadakan!
 
Ya, wilayah kampus yang didominasi oleh usia muda berpeluang menjadi pangsa pasar yang paling menjanjikan rupiah. Mahasiswa yang berbisnis saat Ramadhan pun tak butuh modal besar untuk meraup banyak keuntungan
 
Nah mengutip dari Folderbisnis, inilah 5 ide usaha yang bisa mahasiswa coba saat bulan Ramadhan. Dijamin bakal panen cuan!

1. Kateringan

-
Ilustrasi usaha ketring makanan (Unslash/vichie81)

Bagi mahasiswa yang sibuk dengan segudang tugas kuliah, memasak menjadi kegiatan yang merepotkan. Mereka biasanya gak sempat menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka.
 
Nah celah ini bisa banget kamu manfaatkan untuk membuka bisnis kateringan. Kamu bisa menyediakan berbagai menu dan paket, seperti takjil, menu buka puasa ekonomis, dan menu sahur praktis.
 
Jangan lupa promosikan di media sosial dan tawarkan pula harga promo biar jualanmu makin laris manis.
 

2. Takjil unik

-
Ilustrasi jualan takjil (Unsplash/MielPhotos2008)

Bisnis takjil menjadi bisnis dadakan yang wajib benget kamu coba selam Ramadhan. Meski sudah banyak yang juga membuka usaha ini, kamu masih tetap bisa bersaing loh.
 
Pasalnya makanan ringan pasti selalu dicari untuk hidangan pembuka saat puasa. Nah agar berbeda dengan yang lain, kamu bisa menyiasati berdagang produk takjil sehat dan kekinian, seperti salad atau dessert box.
 
Selain minim saingan, bila kamu cukup pandai berinovasi, dijamin dagangan bakal laris diserbu pembeli.

3. Minuman kekinian

-
Ilustrasi berjualan minuman (Unsplash/Alex Liew)

Berjualan es atau minuman kekinian menjadi ide usaha yang paling mungkin mendatangkan keuntungan besar. Pasalnya kebanyakan orang lebih kuat menahan lapar ketimbang menahan rasa haus.
 
Selain itu ide usaha ini juga tak butuh modal besar tetapi peluang yang dijanjikan cukup lumayan. Untuk resep minuman kekinian sendiri sudah banyak bertebaran di internet, kamu bisa langsung menyonteknya. Gampang kan?

4. Produk kurma

-
Ilustrasi buah kurma (Unsplash/October22)

Kuma menjadi sesuatu yang identik dengan puasa. Buah yang satu ini memiliki banyak nutrisi yang mampu menggantikan energi sehingga bisa menahan lapar.
 
Selain itu, kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang kerap mengonsumsi kurma, juga menjadi magnet kuat bagi kaum muslim untuk mengonsumsinya. Sehingga berjualan buah kurma menjadi peluang cuan yang sangat besar saat Ramadhan.
 
Kamu bisa menjual kurma secara utuh dalam bentuk buah atau diolah kembali. Jika kamu pandai berinovasi atau menghasilkan produk unik dari kurma, dijamin kamu bakal meraih keuntungan yang tak sedikit, loh!
 

5. Skincare

-
Ilustrasi produk skincare (Unsplash/Ivan Bajic)

Berubahnya pola konsumsi, jam tidur hingga kebiasaan saat Ramadhan membuat tubuh bertransformasi, terutama di area kulit dan bibir. Karena itu, banyak yang mencari produk perawatan tubuh saat Ramadhan.
 
Nah kamu bisa memanfaatkan fakta ini dengan menjual kebutuhan perawatan kulit. Mulailah berburu supplier dari produk skincare ternama dan terpercaya.
 
Kamu bisa mendaftar menjadi salah satu reseller atau dropshipper dari merek tersebut sehingga tak butuh modal yang besar. 
 
 

Artikel Menarik Lainnya

 

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X