INDOZONE.ID - Berniat bisnis UMKM di bidang fashion maupun yang lain? Jangan khawatir, karena kamu bisa melakukan berbagai strategi awal untuk memulai bisnismu biar cuan.
Yap, memulai bisnis UMKM memang memerlukan komitmen, ketekunan, dan kreativitas. Dengan langkah-langkah yang tepat, kamu bisa meraih kesuksesan dalam dunia bisnis.
Untuk memulai bisnis UMKM, berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti, seperti yang dirangkum Indozone selengkapnya di bawah ini.
Baca Juga: Haerin NewJeans Jadi Brand Ambassador Baru Dior: Menggabungkan K-Pop dan Fashion Mewah
Pilih Ide Bisnis yang Sesuai
Tentukan ide bisnis yang sesuai dengan minat, passion, atau keahlianmu. Pilihlah sesuatu yang kamu sukai dan bisa kamu tekuni dengan semangat. Misalnya bisnis hijab, sandal, sepatu, pakaian dan lainnya.
Lakukan Riset Pasar
Lakukan riset pasar untuk memahami apakah ide bisnismu memiliki potensi di pasar yang kamu tuju. Pelajari perilaku konsumen, pesaing, dan tren pasar saat ini.
Buat Rencana Bisnis
Buatlah rencana bisnis yang mencakup tujuan bisnis, strategi pemasaran, struktur biaya, dan perkiraan pendapatan. Ini akan membantu dalam mengarahkan bisnismu ke arah yang jelas.
Modal dan Pendanaan
Tentukan berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnismu. Pertimbangkan opsi pendanaan seperti tabungan pribadi, pinjaman kecil, atau mendapatkan investor. Seperti yang dikatakan Perwakilan Indodana Fintech Jerry Anson.
Baca Juga: Gandeng JKT48 di Momen 11.11 Big Sale, Shopee Dorong Transformasi Bisnis Brand Lokal dan UMKM
“Dengan hadirnya dukungan layanan keuangan digital, kami dapat memberikan kemudahan akses dan menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia, termasuk para pelaku usaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah),” ujarnya dalam pengukuhan kerja sama dengan Shinhan Bank Indonesia di Jakarta.
Perwakilan Shinhan Bank Indonesia, Candra Wijaya juga menambahkan, teknologi keuangan digital kian maju pesat. Masyarakat dapat memanfaatkan dengan tepat dan bertanggung jawab, sehingga mampu memenuhi target perekonomian mereka.
“Dukungan kemudahan akses teknologi beserta keamanannya juga mampu memperluas jangkauan masyarakat dan mendorong peningkatan jumlah nasabah di Indonesia,” kata Chandra.
Strategi Pemasaran
Kamu juga perlu mengatur strategi pemasaran yang efektif untuk memperkenalkan produkmu kepada target pasar. Manfaatkan media sosial dan platform online untuk mencapai audiens yang lebih luas.
Di era digital, sangat mudah untuk mengembangkan bisnis dan memperkenalkannya secara luas. Ya, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan sosial medi untuk membangun bisnisnya.
Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone. Yuk bikin cerita dan konten serumu serta dapatkan berbagai reward menarik! Let's join Z Creators dengan klik di sini.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Liputan Langsung