Kategori Berita
Media Network
Senin, 21 AGUSTUS 2023 • 16:22 WIB

5 Cara Cepat Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru, Terapkan!

Ilustrasi bekerja (unsplash.com)

Perusahaan adalah tempat yang sering mengalami perubahan dinamis karena mengikuti arus ekonomi. Oleh karenanya, karyawaran dituntut harus bisa cepat beradaptasi pada lingkungan perusahaan tersebut.

Apalagi jika kamu baru pindah ke perusahaan tersebut, di mana kamu masih meraba banyak hal, baik dari segi posisi pekerjaan hingga lingkungan perusahaan.

Kalau kamu ada dikondisi demikian dan merasa sulit untuk beradaptasi, maka beberapa cara cepat beradaptasi di lingkungan kerja berikut bisa kamu terapkan, yuk simak!

1. Belajar menerima perubahan

Ilustrasi komunikasi dengan rekan kerja (unsplash.com)

Saat keluar dari perusahaan lama untuk menuju perusahaan baru, kamu bisa mengambil beberapa pelajaran penting yang bermakna bagi hidupmu dan meninggalkan yang tidak perlu.

Hal ini karena saat memasuki perusahaan baru, berbagai perbedaan lingkungan akan terjadi, untuk itu kamu perlu menerima perubahan tersebut dan meninggalkan hal-hal yang sekiranya hanya cocok kamu terapkan di perusahaan lama, seperti tipe humor hingga gaya bekerja.

Baca Juga: Tips Ampuh Mengatasi Pelecehan Mental di Lingkungan Kerja

2. Coba untuk berpikiran terbuka

Ilustrasi berbincang dengan rekan kerja (unsplash.com)

Layaknya gelas kosong, memasuki perusahaan baru juga menutut kamu untuk bisa berada di posisi gelas tersebut karena harus mengenal banyak orang baru.

Untuk itu, cobalah untuk berpikiran terbuka dalam menghadapi situasi baru. Di awal-awal kamu bisa coba menjadi pendengar untuk banyak sisi untuk mengenali orang-orangnya dan tipe pembicaraan hingga gaya humor yang dibicarakan. Hindari untuk men-judge orang dengan cepat.

Selanjutnya, kamu bisa masuk perlahan dalam pembicaraan ketika relevan denganmu atau saat ingin mencairkan suasana.

3. Batasi egomu

Ilustrasi berbincang dengan rekan kerja (unsplash.com)

Berlatih meninggalkan egomu di luar tempat kerja membangun banyak keterampilan adaptasi dirimu. Ego bisa menjadi boomerang untuk dirimu sendiri bila kamu mengikutinya secara tersu-menerus.

Oleh karenanya, dalam proses adaptasi di lingkungan kerja ini, kamu perlu memilah mana ego yang bisa kamu ikuti dan mana yang harus ditinggalkan.

4. Terapkan mindfulness

Ilustrasi bekerja dengan mindfull (unsplash.com)

Mindfulness adalah tindakan memusatkan perhatian pada saat ini tanpa berusaha mengubah apa pun tentangnya.

Saat proses adaptasi, mindful bisa menjadi pembantu kamu dalam mengerti situasi dan kondisi saat itu. Singkatnya, fokus pada apa yang terjadi sekarang.

Kurangi perhatian pada masa lalu dan masa depan. Kamu tidak dapat mengubah sesuatu setelah itu terjadi, tetapi kamu dapat menerimanya, ntah sebagai hal yang positif maupun hikmah.

Memikirkan tentang apa yang bisa atau seharusnya terjadi sepertinya tidak akan membantu dan bahkan mungkin memperburuk keadaan.

Baca Juga: Muncul Tekanan, Pentingnya Menjaga Keseimbangan dalam Hidup Melalui Mindful Living

5. Cari rekan yang bisa menjadi mentor

Ilustrasi menjadikan rekan kerja mentor (unsplash.com)

Memiliki seorang mentor, terutama di awal akan membantu proses adaptasimu. Dalam hal ini, mentor bisa membantu kamu untuk menyesuaikan diri dengan budaya dengan menjelaskan proses dan prosedur standar, tetapi yang lebih penting, mereka dapat membantu kamu melewati batas untuk mempelajari beberapa hal yang lebih penting dan sifatnya tidak tertulis.

Itu dia beberapa cara cepat beradaptasi di lingkungan kerja baru yang dapat kamu terapkan. Good luck!

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Berbagai Sumber

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

5 Cara Cepat Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru, Terapkan!

Link berhasil disalin!