IdeaFest 2023 usung tema Lead The Leap!
INDOZONE.ID - Festival kreatif terbesar IdeaFest kembali digelar dan berlangsung meriah mulai hari ini hingga Minggu (1/10/2023) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.
Tahun ini, IdeaFest 2023 yang mengusung tema "Lead the Leap!" ini menekankan pentingnya memberdayakan pelaku dan pemimpin dalam industri kreatif, agar berani melompat menuju kesuksesan.
Melalui tema ini, IdeaFest 2023 ingin memberi pengetahuan serta pola pikir yang bisa membantu menghadapi tantangan dan meraih peluang, serta membuat lompatan baru berupa inovasi.
Lantas, apa sih makna Lead The Leap! menurut pendirinya, content creator hingga aktor ternama Tanah Air yang menjadi speaker di IdeaFest 2023? Berikut ulasannya:
Ben Soebiakto
Co-Founder IdeaFest saat memaparkan Lead The Leap!
Co-Founder & Co-Chairman IdeaFest, Ben Soebiakto menyebut, meski sudah 12 tahun sukses menggelar IdeaFest, namun pihaknya masih terus memikirkan gebrakan apa lagi yang akan dilakukan ke depannya.
Tahun ini kata Ben, IdeaFest mengusung tema "Lead The Leap", yang menurutnya adalah memimpin perubahan atau lompatan.
"Ini mungkin sebuah PR buat kami, karena tadi dibilang udah 12 tahun nanti PR ke depannya IdeaFest kalau hari ini kita sudah menyebut tema 'Lead The Leap!', memimpin perubahan atau lompatan dan saya rasa kita sendiri IdeaFest harus berpikir apa jalan yang akan kami siapkan, apa planning ke depannya," ujar Ben, dalam konferensi pers IdeaFest 2023 di JCC, Senayan, Jumat (29/9/2023).
Baca Juga: Masuki Usia 12 Tahun, IdeaFest 2023 Usung Tema Lead the Leap! Bentuk Ajakan Untuk Pimpin Perubahan
Ben selaku Co-Founder, memiliki mimpi dan harapan yang cukup besar untuk membawa IdeaFest ke Asia, tidak hanya digelar di Jakarta saja. Hal ini menjadi sebuah "lompatan" baru untuknya.
"Harapan buat kita, memang kita punya mimpi juga untuk IdeaFest harus bisa melompat dan memimpin lompatan ini, kita menghadirkan mimpi baru kami yang sedang kami diskusikan dalam membuat format baru IdeaFest itu enggak di Jakarta lagi, bahkan kita pengen terbang menuju Asia," ujar Ben.
"Jadi harapannya nanti satu dua tahun ke depan, teman-teman akan melihat ada sebuah jaringan baru yang kami bangun bersama kolaborasi teman-teman. Terutama kita di sini membutuhkan support dari media, pemerintah, dari semua pelaku industri kreatif untuk bersama-sama," bebernya.
Keseruan IdeaFest 2023 day 1 di JCC Senayan
Dia menjelaskan IdeaFest bukan hanya sekadar panggung untuk berbagi pengetahuan saja, tapi juga melahirkan konsep-konsep kreatif baru yang semakin menarik.
"Kalau hari ini kita melihat format IdeaFest selain menjadi panggung untuk sharing knowledge dalam sisi talk dan conference, tapi setiap tahunnya kami juga menghadirkan konsep-konsep kreatif baru untuk sebuah konsep acara entertainment dan hari ini mungkin mulai minggu ini IdeaFest pertama kita punya sebuah market yang kita berkolaborasi dengan Semasa membawa 150 talenta-talenta, dan perusahaan-perusahaan UMKM kreatif yang luar biasa untuk kita showcase," terang Ben.
Dia berharap, ke depannya bisa bergerak dan kembali menggelar acara keren bersama dengan para pelau industri ke tingkat Asia.
"Jadi harapannya ke depan dengan IdeaFest Asia ini, nanti kita juga ingin bersama dengan seluruh pelaku industri kita terbang bersama-sama, mungkin keliling ke Asia, dan berkolaborasi lebih dalam dengan negara lain untuk menshowcase bagaimana potensi kreatif industri di Asia ini bisa menjadi jembatan bersama dan menjadi platform bersama," harapnya.
David Irianto
David Irianto saat berbicara di IdeaFest 2023 tema 'Lead The Leap!'
Sementara itu, David Irianto sebagai creative dan conten director IdeaFest memaknai Lead The Leap! adalah sebuah event yang sangat menarik, setelah pandemi COVID-19 melanda.
"Lead The Leap bagi saya karena saya juga pembantu di IdeaFest sebagai creative dan conten director, leadnya mungkin setelah pandemi kemarin kita kayaknya pengen mencari sebuah keteraturan setelah cheos selama pandemi," kata David.
Demi menyukseskan acara dan mengedukasi banyak orang, David menegaskan bahwa timnya secara serius mencari pemimpin dari beragam sektor.
"Selama kita berproses sama mas Ben dan tim IdeaFest, kita mencari sesi-sesi misalnya yang kita tampilkan hari ini, itu kita bener-bener mencari para pemimpin-pemimpin dari sektor-sektornya seperti Nadia Alaydrus dan Arifin Putra, yang kalau dilihat mereka bukan hanya memimpin di satu pilar sektor sendiri, ada yang multi dan sangat sesuai sama generasi zaman sekarang," ungkap David.
Menurut David, generasi muda perlu didorong untuk lebih berani melakukan perubahan atau mengambil lompatan dalam hidupnya.
"Salah satu mungkin agendanya kenapa temanya "Lead The Leap" yang saya maknai, anak-anak zaman sekarang, anak muda perlu didorong untuk berani mengambil lompatan-lompatan itu," bebernya.
David berharap, acara keren IdeaFest 2023 dapat mengembalikan semangat perjuangan bagi generasi muda untuk menjadi pemimpin.
"Harapannya dengan IdeaFest ini misalnya sederhana bahkan dari visual yang kita tampilkan bisa mengembalikan semangat perjuangan, semangat memimpin, semangat keberanian untuk bisa menjadi pemimpin dan bisa untuk melompat bahkan mungkin ke tempat-tempat yang mungkin kita belum pahami," harapnya.
Nadia Alaydrus
Content Creator Nadia Alaydrus saat berbincang di IdeaFest 2023
Content creator Nadia Alaydrus, yang menjadi speaker di IdeaFest 2023 menilai, anak muda harus berani termasuk dalam hal mengambil langkah.
"Kalau arti Lead The Leap buat aku sendiri, kita sebagai anak muda harus bisa berani, berani mengambil langkah," kata Nadia.
Baca Juga: Jadi Speakers IdeaFest, Wishnutama Bongkar di Balik Kesuksesan Gala Dinner KTT G20
Nadia menilai, anak muda harus bisa menjadi trend center bukan hanya followers. Artinya, generasi muda harus bisa membuat sesuatu perubahan atau lompatan yang menginspirasi orang lain.
"Ibaratkan kita cuman jadi followers, kita juga harus bisa jadi trade center, kita harus bisa buat suatu lompatan yang bisa jadi inspirasi buat orang-orang, bisa bermanfaat, bisa meng-influence sesuatu yang positif lah," tegas Nadia.
"Jangan pernah ragu membuat langkah baru untuk anak-anak muda pokoknya coba aja dulu," sambungnya.
Arifin Putra
Arifin Putra saat berbincang di IdeaFest 2023
Senada dengan Ben Soebiakto, aktor Arifin Putra yang turut hadir menilai event IdeaFest sudah saatnya untuk mengembangkan sayapnya ke global.
"Lead The Leap bisa misalnya kalau di industri kreatif memang tadi sempat ngomong sama Ben juga sekarang kan ada live streaming service, misalnya IdeaFest juga mau dibawa original ke global, aku lihat Indonesia memang sudah saatnya kita go global juga, dari talentanya, produk-produknya maupun service yang kita tawarin," tegas Arifin.
Dia menilai, event ini harus memiliki kepercayaan diri untuk berada di lingkup Asia bukan hanya di Indonesia. Hal ini juga menurut Arifin adalah sebuah lompatan atau perubahan yang membanggakan.
"Kita sekarang jangan kayak 'ah, susah ah, enggak berani ah'. Indonesia udah di level di mana kita udah harus berani. Kita harus bangga di mana kita bilang kita cukup bagus 'we can do it'," lanjut Arifin.
"Aku pengen tuh ngelihat misalnya kayak mas David sebagai creative director, bisa tuh jadi bagian berbagai macam festival di seluruh dunia atau IdeaFest tuh ada IdeaFest di Indonesia, ada di negara lain, itu lah lompatan yang perlu kita jalanin," tambahnya.
Arifin menambahkan, makna dari Lead The Leap! juga terjadi dalam kehidupannya. Dia yang kini masih menjadi aktor di Tanah Air, juga menjajaki dunia investasi.
Hal ini kata Arifin menandakan adanya perubahan karena ada peluang yang tercipta, sehingga dia bisa bertranformasi menjadi sosok Arifin Putra yang sekarang.
"Kalau misalnya Lead The Leap yang lain lagi, misalnya seperti yang aku bilang mulai sebagai aktor sekarang sebagai angel investor, itu artinya dalam industri itu terjadi berbagai macam pergeseran, terjadi berbagai macam perubahan dan ada peluang, aku lihat ada peluang nih, akhirnya aku raih peluang itu dan melakukan sebuah transformasi yang sekarang menjadi yang sekarang ini," tandasnya.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: