Ilustrasi belanja online. (Freepik)
INDOZONE.ID - Program Garansi Bebas Pengembalian yang diperkenalkan oleh Shopee memang memberikan keuntungan yang signifikan bagi pembeli. Program ini memungkinkan pembeli untuk mengembalikan barang dengan alasan berubah pikiran, mempermudah proses pengembalian tidak hanya dalam situasi di mana barang yang diterima tidak sesuai atau rusak, tetapi juga ketika pembeli mengubah pikiran setelah menerima barang.
Tentu saja, penggunaan program ini harus mematuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Shopee. Respons terhadap program ini dari para pembeli sangat positif dan penuh antusiasme.
Bagaimana tidak? Hal ini menjawab keraguan banyak dari mereka yang masi saja bimbang dan ragu saat hendak berbelanja barang secara online.
Lalu bagaimana dengan Penjual? Apa benar program ini hanya menguntungkan Pembeli saja?
Baca Juga: Praktis dan Irit Bujet, Belanja Online Bikin Bumil Happy
Di sisi lain, Garansi Bebas Pengembalian mendapatkan berbagai macam respon berbeda-beda dari para penjual. Ada yang mendukung program ini, karena membuka peluang lebih banyak menarik pembeli baru dan memicu potensi pembelian berulang. Namun beberapa ada juga yang mempertanyakan kebijakannya.
Alasannya, mereka meragukan program ini dan merasa program ini hanya akan memberikan keuntungan bagi para pembeli saja dan ditambah lagi, kekhawatiran akan biaya tambahan yang mungkin dikenakan kepada penjual.
Jika dilihat secara gambaran besar, penukaran barang dalam kegiatan berbelanja merupakan hal yang wajar aja, kan? Lalu, dimanakah titik masalahnya? Merasa was-was dengan hal baru yang belum kita pahami sepenuhnya, itu wajar banget.
Nah, daripada salah paham, mari kita kupas tuntas tentang program Garansi Bebas Pengembalian untuk penjual.
Berikut 4 kesalahpahaman yang masih sering ditemukan dalam program ini;
Siapa bilang? Sejak tanggal 15 Februari kemarin, pembeli tidak perlu lagi untuk mengembalikan seluruh barang yang dibeli saat ingin menggunakan Garansi Bebas Pengembalian.
Baca Juga: Berbagai Aktivitas Seru untuk Mengisi Libur Imlek 2022, dari Memasak hingga Belanja Online
Untuk kenyamanan bersama, saat ini pembeli sudah dapat mengajukan pengembalian barang/dana untuk beberapa kuantitas saja.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Press Release