Kategori Berita
Media Network
Senin, 09 OKTOBER 2023 • 07:55 WIB

Dukung Produsen Batik Lokal Berdaya Saing Global, Shopee Ajak UMKM Garap Pasar Ekspor

Produsen batik lokal mendapat dukungan untuk melakukan ekspor agar berdaya saing global hingga UMKM dapat naik kelas menggarap pasar internasional.
INDOZONE.ID - Shopee membuka kesempatan pada para pengrajin batik untuk mendafatarkan diri di Program Ekspor Shopee, agar produk batiknya dapat menembus pasar ekspor di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin.

Menurut Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna, ini merupakan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM terhadap perkembangan produsen batik lokal di Shopee agar bisa berdaya saing global.

"Inisiatif ini adalah bagian dari komitmen berkelanjutan kami untuk UMKM, khususnya para produsen dan pengrajin batik di tanah air agar bisa naik kelas dan berdaya saing global melalui berbagai fitur dan program di Shopee, salah satunya adalah Program Ekspor Shopee," kata Monica dalam pernyataan resmi, Senin (9/10/2023).

Pernyataan ini disampaikan Monica dalam acara 'Cerita Batik Masa Kini', yang digelar dalam memperingati Hari Batik Nasional, dengan menggandeng perancang busana kenamaan Indonesia, Didiet Maulana.

Acara ini dihadirkan untuk menggarisbawahi komitmen Shopee dalam mendukung UMKM lokal, termasuk produsen dan pengrajin batik, yang produknya laku dibeli jutaan pembeli di sepanjang tahun 2023.

Baca Juga: Kharisma Kaur Selebgram Cantik yang Suka Eksplor Dunia Fashion Branded

"Hadirnya kegiatan di siang hari ini kami harapkan dapat memberikan potensi dan dampak positif bagi perkembangan para produsen batik lokal di Shopee hingga bisa menembus pasar mancanegara, menyusul lebih dari 20 juta produk UMKM yang telah berhasil ekspor bersama Program Ekspor Shopee," jelas Monica.

Untuk mendukung produsen dan pengrajin batik di Indonesia bertumbuh, lanjut Monica, Shopee juga menghadirkan Bazaar Shopee Pilih Lokal untuk Pembeli dengan penawaran menarik.

Tidak hanya menjadikan batik sebagai tren gaya berpakaian masa kini, Shopee juga turut menghadirkan produk-produk batik lokal pilihan pada kampanye Bazaar Shopee Pilih Lokal di kanal Shopee Pilih Lokal, pada Jumat 13 Oktober nanti.

Sementara itu, Didiet Maulana menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen Shopee dalam mendukung UMKM lokal mendunia.

"Sebagai pelaku industri mode di Indonesia, saya bangga dan mengapresiasi Shopee yang punya komitmen untuk mendukung para produsen dan pengrajin batik dan UMKM lokal untuk bisa dikenal luas hingga mancanegara," kata Didiet.

Dia juga mengaku sangat mengapresiasi penjual batik di Shopee, yang memberikan inspirasi bagi UMKM lain untuk terus berinovasi dan mengkreasikan batik hingga menjadi tren masa kini.

"Tadi juga seneng banget waktu styling berbatik, bisa ngasih inspirasi buat teman-teman ternyata batik bisa dipakai untuk ke kampus, nongkrong, atau jalan-jalan, enggak cuma buat ke acara formal. Harapan kedepannya, semoga dengan menjadikan batik sebagai pakaian sehari-hari, kita bisa turut serta dalam perkembangan bisnisnya di tanah air hingga kancah internasional," ucap Didiet.

Program Ekspor Shopee, Bawa Produk UMKM Bandung ke Kancah Internasional

Salah satu pengusaha batik lokal yang berhasil menembus pasar internasional bersama Shopee, adalah Nurdini Prihastiti dan Bheben Oscar, pemilik usaha batik bernama Damakara.

Dini dan Bheben menciptakan motif batik yang terinspirasi dari Iris Grace, anak berkebutuhan khusus yang mengikuti terapi gambar dan hasil gambar tersebut diaplikasikan ke koleksi batik Damakara yang khas.

Baca Juga: Brand Lokal Fashion Makin Cuan Jualan Online, Begini Triknya

"Saya sadar bahwa teman-teman istimewa ini punya minat dan bakat yang luar biasa. Untuk itu kami merangkul dan memberikan ruang bagi mereka untuk menciptakan karya dalam bentuk gambar. Kami juga mengapresiasi gambar yang diangkat ke dalam koleksi dengan royalti penjualan setiap bulannya," ujar Dini.

Melalui Damakara, Dini dan Bheben ingin mengajak lebih banyak generasi muda untuk bangga menggunakan batik tidak hanya untuk kegiatan formal, namun juga dalam kehidupan sehari-hari. Ia juga bercita-cita untuk membawa batik yang ditelurkan oleh teman-teman istimewa ke ranah internasional.

Untuk mengoptimalkan misi usahanya, Dini dan Bheben mengambil langkah digitalisasi dan bergabung bersama Shopee. Melalui perkembangan bisnisnya bersama Shopee, Dini berhasil menjual produknya hingga ke Malaysia, Singapura, hingga Taiwan.

Berkat pasar yang lebih luas dan pesanan lebih banyak, kini ia mampu memberdayakan hingga 12 karyawan dan 60 pengrajin batik yang mayoritas adalah ibu rumah tangga yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber:

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

Dukung Produsen Batik Lokal Berdaya Saing Global, Shopee Ajak UMKM Garap Pasar Ekspor

Link berhasil disalin!