Produk sepatu VAIA berbagi kisah perjalanannya dalam industri fashion lokal. (Dok. Istimewa)
INDOZONE.ID - Sepatu bukan hanya sekadar pelengkap penampilan, tetapi juga memiliki peran penting sebagai alas kaki. Saat berbelanja sepatu, muncul pertanyaan apakah seseorang harus memprioritaskan fungsi yang memenuhi kebutuhan atau estetika yang dapat meningkatkan gaya fashion.
VAIA, merek lokal yang dimiliki oleh Affania Fariza Balqis dan telah eksis sejak 2017, menjadi solusi bagi banyak individu di Indonesia yang mencari sepatu dengan desain elegan, kualitas unggul, dan kenyamanan saat digunakan.
Dalam rangka kampanye Shopee 3.3 Grand Fashion Sale yang berlangsung hingga 3 Maret, VAIA berbagi kisah perjalanannya dalam industri fashion lokal dan bagaimana Shopee turut mendorong perkembangan VAIA melalui berbagai program dan fitur yang menguntungkan bagi semua pengguna, baik penjual maupun pembeli.
Menjadi seorang ibu dan wanita karir, Affania memiliki keinginan untuk dapat tetap menjaga penampilan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Tidak pernah terpikirkan olehnya, berangkat dari kesulitan yang kerap ia temui saat mencari sepasang sepatu ternyata mendorong lahirnya ide bisnis untuk ia mulai berkarya.
Baca Juga: Shopee Super Awards 2023, Beri Apresiasi ke Penjual Sepatu Asal Bogor yang Tembus Ekspor!
Affania Fariza Balqis, pemilik VAIA mengatakan, sejak dulu, dunia fashion sudah menarik perhatiannya.
"Memenuhi peran dan menjalankan keseharian, baik sebagai seorang ibu, wanita karir, mahasiswa dan ataupun peran-peran lainnya, kenyamanan selalu menjadi prioritas utama. Sehingga aku tahu, bahwa aku tidak sendiri dalam menghadapi tantangan untuk mendapatkan kenyamanan serta estetika sekaligus dalam sepasang sepatu. Sehingga di tahun 2017 pun, tekad ku semakin bulat untuk mengubah situasi tersebut dan menghadirkan solusi," katanya.
"Bagi aku sepasang sepatu tidak hanya dapat mengantarkan ke tempat tertentu, tetapi juga menjadi salah satu penopang dalam setiap kegiatan. Akhirnya VAIA pun dilahirkan, sebuah merek sepatu yang menggabungkan antara desain menarik dan kenyamanan untuk menemani seluruh individu dalam menjalankan perannya masing-masing di berbagai momentum.”
Tidak berhenti disitu, dengan kehadiran VAIA juga membuka lapangan pekerjaan bagi pengrajin hingga memanfaatkan bahan baku yang diproduksi secara lokal di Indonesia. Berawal dari 2 orang pekerja di balik tim produksi, saat ini VAIA berhasil membangun fabrikasi sendiri dengan menggunakan beberapa enhancement bahan baku yang 100% di produksi di Indonesia dan telah mempekerjakan sekitar 60 pekerja.
Affania Fariza Balqis, sosok yang membuat merk sepatu VAIA. (Dok. Istimewa)
Kegigihan serta kerjasama dari tim VAIA berhasil melahirkan produk-produk yang saat ini menjadi pilihan favorit bagi wanita Indonesia. Affania berbagi 3 poin utama yang menjadikan VAIA berbeda yaitu;
“Pada kuartal 4 di tahun 2020, merupakan momen dimana kami memutuskan untuk bergabung dengan Shopee. Tahun yang sangat menantang bagi para pelaku usaha, termasuk VAIA. Sulit membayangkan, untuk berjualan sepatu di saat semua pihak sedang melakukan pembatasan. Salah satu adaptasi yang dapat kami lakukan dalam penjualan dan pemasaran adalah bergabung dengan Shopee," kata Affania.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Press Release