Kategori Berita
Media Network
Senin, 29 JANUARI 2024 • 07:23 WIB

Tren Belanja Online Makin Bertumbuh, Intip Proses Pengantaran Paket yang Jarang Diketahui

Ilustrasi perempuan belanja. (Freepik)

Tren belanja online semakin tumbuh karena bertambahnya platform e-commerce. Beragam kebutuhan banyak didapat dengan belanja online mulai dari fashion, beauty, kuliner dan lainnya.

Belanja online sangat berkaitan dengan ekspedisi. Tibanya barang belanjaan tepat waktu pasti membuat kamu happy.

Ada banyak fakta menarik loh tentang industri ekspedisi. Berkembangnya tren belanja online mempengaruhi frekuensi pengiriman barang. Menurut hasil riset dari Populix tahun 2023, frekuensi pengiriman logistik belanja online yang dilakukan oleh konsumen di Indonesia sekitar 2-3 kali dalam satu bulan.

Baca Juga: Kangen Belanja Fashion di Thailand? Jalan-jalan ke Little Bangkok di Tanah Abang Aja!

Diakui Network Management Manager J&T Cargo Muhammad Said Abdullah, kecepatan pengiriman barang menjadi poin pertama untuk memikat konsumen. Di era sekarang banyak upaya yang dilakukan yakni menambah warehouse hingga menambah jumlah armada agar proses pengiriman ke alamat tujuan berjalan cepat.

"Pelayanan dimulai ketika konsumen datang ke outlet, proses packing, dibantu saat shipment, handling pengiriman tepat waktu, dan terakhir adalah post shipment, yang meliputi penanganan after sales yang cepat tanggap dan terlibat langsung di lapangan, sehingga memudahkan konsumen,” kata Said di Jakarta.

Ilustrasi belanja. (Instagram)

Kondisi ini tentunya melatarbelakangi para pelaku industri ekspedisi berupaya melakukan transformasi sebagai wujud memberikan pelayanan yang terbaik. Salah satunya yang diimpikan masyarakat yakni barang cepat sampai usai belanja online.

Menurut dia, setidaknya ada 3 hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan logistik di Indonesia. Mulai dari operational process, adopsi teknologi dan jaminan perlindungan.

Baca Juga: Resmi Jadi Ayah, Intip Potret Song Joong Ki Temani Katy Louise Saunders Belanja di Roma

Jika selesai mengirim barang, hal lain yang dibutuhkan yakni after sales. Ada customer service yang menjembatani banyak pihak. Seperti mdndapat informasi dan status terkait pengiriman barang, komplain, claim, dan sebagainya.

Lengkapnya sistem pelayanan seperti ini diharapkan memudahkan kamu dalam proses pengiriman barang. Di era sekarang mudahnya sistem teknologi memudahkan banyak pihak dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.







Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber:

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

Tren Belanja Online Makin Bertumbuh, Intip Proses Pengantaran Paket yang Jarang Diketahui

Link berhasil disalin!