Bekerja di kantor saat pandemi covid-19 (Pexels/Tima Miroshnichenko)
Setelah pandemi virus Corona (COVID-19) memaksa banyak orang work from home alias bekerja dari rumah selama berbulan-bulan dan pertemuan Zoom tanpa akhir, beberapa tempat kerja akhirnya mulai mengizinkan karyawan untuk kembali ke kantor.
Bekerja di kantor sekarang terlihat jauh berbeda. Baik pemberi kerja dan karyawan sama-sama harus menyesuaikan diri dengan 'normal baru' yang mencakup masker wajah, jarak sosial, serta protokol kesehatan lainnya.
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah menerbitkan pedoman komprehensif untuk diikuti perusahaan guna melindungi karyawan.
Berikut Indozone merangkum beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar tetap terlindungi dari penularan Covid-19 selama bekerja di kantor.
Baca Juga: 5 Zodiak Ini Cenderung Tertekan oleh Rekan di Tempat Kerja
Apakah aman kembali bekerja di kantor?
Baik CDC dan ahli medis sepakat jika keselamatan dan keamanan saat kembali ke tempat kerja bergantung pada sejumlah faktor, termasuk tingkat penularan di area tempat bisnis berada, protokol kesehatan dan sanitasi yang diberlakukan.
Paling penting ialah kesungguhan karyawan untuk benar-benar mematuhi aturan baru tersebut.
"Dengan kontrol yang tepat (seperti masking dan jarak sosial), di banyak tempat, ini cukup aman," ujar Amanda M. Valyko, MPH, CIC, FAPIC, Direktur Pencegahan Infeksi & Epidemiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Michigan.
Bagaimana agar bisa tetap aman di kantor?
Dalam hal melindungi diri Anda di tempat kerja, para ahli mengatakan bahwa tiga hal terpenting adalah memakai masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan tangan yang baik.
"Satu-satunya tempat Anda harus membuka masker ialah di dalam ruangan atau bilik kerja Anda yang setidaknya harus berjarak 6 kaki dari yang lain," ujar Christopher Ohl, MD, Profesor Kedokteran dan ahli penyakit menular di Wake Forest Baptist Health di Winston-Salem.
Bahkan saat menggunakan masker, praktikkan jarak sosial dengan menjaga jarak enam kaki dari rekan kerja.
CDC juga merekomendasikan untuk sering-sering mencuci tangan (atau menggunakan hand sanitizer) dan membersihkan meja, kursi, dan area dengan sentuhan tinggi (seperti gagang pintu atau tombol lift) dengan tisu pembersih yang mengandung desinfektan.
Selain itu, hindari menggunakan workstation, keyboard komputer, dll yang sama dengan orang lain untuk mengurangi potensi penyebaran bakteri.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: