Kategori Berita
Media Network
Kamis, 12 JUNI 2025 • 13:38 WIB

Evolusi Dunia Fashion di Indonesia, Desainer Musa Widyatmodjo Soroti Efisiensi Produksi dan Promosi

Musa Widyatmodjo. (Instagram/@musa.widyatmodjo)

INDOZONE.ID - Perancang Busana Musa Widyatmodjo mengungkapkan secara detail bagaimana dunia fashion alami evolusi dari 10 tahun lalu hingga sekarang.

Terutama pada industri garmen atau pakaian jadi yang diproduksi massal dengan jumlah yang sangat banyak di Indonesia ini telah membawa perubahan signifikan dalam beberapa dekade terakhir.

Kemajuan teknologi komputerisasi telah memungkinkan proses produksi yang lebih efisien dan akurat.

Baca Juga: Popularitas Warna Hitam Selalu Dicintai di Dunia Fashion hingga Furniture Matras

Alat-alat mesin penunjang produksi yang canggih telah meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk. Selain itu, teknologi komputerisasi juga telah memungkinkan desain-desain yang lebih kompleks dan detail, sehingga meningkatkan estetika produk garmen.

"Secara umum tentunya evolusi yang terjadi adalah kepada kemajuan teknologi komputerisasi kecanggihan alat mesin-mesin penunjang produksi dan teknologi komputerisasi dalam membuat gambar-gambar desain, printing textil sampai dengan produksi garment nya," kata Musa Widyatmodjo saat diwawancarai Indozone, Kamis (12/6/2025).

Proses printing tekstil yang lebih cepat dan akurat juga telah meningkatkan efisiensi produksi. Dengan demikian, industri garmen di Indonesia telah menjadi lebih kompetitif dan mampu memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat.

AI Jadi Tools untuk Promosi

Dalam era digital ini, AI juga memegang peranan penting dalam mempromosikan fashion di media sosial. Dengan kemampuan AI untuk mengolah gambar dan video, konten promosi fashion bisa dikurasi lebih kreatif dan menarik lagi.

AI dapat membantu menciptakan foto dan video presentasi fashion show yang memukau, sehingga meningkatkan kesadaran merek dan penjualan.

"Demikian juga peranan AI seperti yang bisa kita lihat di video-video sosial media dari segi promosi foto sampai video presentasi fashion show," lanjutnya.

Musa juga menekankan bahwa industri pakaian seragam harus bisa mengadaptasi tren desain yang relevan dengan kebutuhan zaman.

Dengan mengintegrasikan kepekaan warisan budaya, individualitas, dan konsep "Rest and Relax" dalam desain fashion, industri bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan desain yang lebih inovatif dan berkualitas.

"Selain mengadaptasi trend desain fashion seperti  Kepekaan Warisan Budaya, Individual Personality,  Rest and Relax. Serta pemakaian program komputer dalam menggambar sketsa desain dan motif textil serta digital printing textil," jelasnya.

Teknologi komputer dan digital printing tekstil juga memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi dan akurasi produksi.

"Terutama dalam industri pakaian seragam," tambahnya.

Media Sosial Berperan Penting Dalam Memperkenalkan Fashion

Ilustrasi fashion.

Media sosial telah merevolusi cara bisnis fashion mempromosikan dan menjual produknya. Dengan platform-platform seperti Instagram, Facebook, dan Twitter, bisnis fashion dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan global.

Media sosial memungkinkan bisnis fashion untuk mempromosikan produknya secara online, berinteraksi dengan pelanggan, dan memahami kebutuhan dan preferensi mereka.

"Promosi dan Penjualan sekarang ini banyak didukung berbagai platform sosial media. Dengan platform-platform sosial media yang ada sudah terbuka dengan sendirinya ke mata dunia global," ujar Musa.

Baca Juga: Inspirasi Awal Puput Melati Rintis Karir di Dunia Fashion: Susah Cari Baju Sesuai Umur

Maka dari itu, media sosial menjadi alat yang sangat penting bagi bisnis fashion untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan kesadaran merek.

Sebagai penutup, Musa Widyatmodjo menegaskan bahwa kemajuan teknologi dan komputerisasi serta peran media sosial menjadi langkah besar dalam evolusi dunia fashion di Indonesia yang mendunia.

"Intinya kemajuan teknologi dan komputerisasi serta sosial media platform amat sangat banyaknya perubahan yang terjadi didunia fashion. Baik dari proses desain, produksi, promosi, penjualan, atau distribusinya," pungkasnya.

Teknologi Buat Semua Bidang #EvolusiBersama

Seperti sang desainer yang berkecimpung di dunia fashion, Indozone juga turut berevolusi selama satu dekade semenjak berdirinya dalam rangka memberikan informasi secara ringan kepada pembaca generasi muda.

Dengan hadirnya platform baru dan teknologi baru, Indozone juga berubah ke arah yang lebih positif, dari homeless media, hingga kini diakui di dewan pers itu adalah salah satu evolusi yang membanggakan. Termasuk bisa #evolusibersama dengan insan musik di Indonesia bahkan di global. 

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Wawancara

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

Evolusi Dunia Fashion di Indonesia, Desainer Musa Widyatmodjo Soroti Efisiensi Produksi dan Promosi

Link berhasil disalin!