Kategori Berita
Media Network
Kamis, 14 DESEMBER 2023 • 14:27 WIB

Ikut Shopee 12.12 Birthday Sale, Transaksi Brand Lokal dan UMKM Naik hingga 10 Kali Lipat!

Ilustrasi ecommerce.
INDOZONE.ID - Perayaan 8 tahun Shopee yang ditandai kampanye ikonik 12.12 Birthday Sale, kembali berdampak positif bagi ekosistem yang tergabung dalam platform ecommerce ini.

Terbukti, terjadi peningkatan transaksi produk lokal hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa pada hari puncak kampanye 12.12 Birthday Sale.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna, mengatakan bahwa kampanye 12.12 Birthday Sale yang digelar, merupakan bentuk upaya perusahaan dalam memberikan apresiasi atas dukungan ekosistem yang bersinergi bersama Shopee.

Tidak hanya sekedar ajang perayaan pertambahan usia, kata Monica, momentum spesial dioptimalkan guna menciptakan dampak positif yang konsisten. Menurutnya, hal ini sejalan dengan misi Shopee untuk terus meningkatkan kualitas hidup bagi seluruh pengguna.

"Kami sangat senang 12.12 Birthday Sale setiap tahunnya dapat senantiasa memberikan lebih banyak manfaat terhadap masing-masing ekosistem," kata Monica dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (14/12/2023).

"Tahun ini kami dapat menyaksikan bagaimana performa bisnis brand lokal dan UMKM mengalami pertumbuhan dengan meningkatnya antusiasme pengguna terhadap produk lokal, kelengkapan dan rangkaian penawaran menarik yang memberikan keuntungan maksimal bagi pembeli dan fitur terkini yang memberikan ruang berkreasi bagi konten kreator untuk memperluas jangkauannya," sambungnya.

Dongkrak Performa hingga UMKM dan Brand Lokal Bertumbuh

Monica menjelaskan, selain kesempatan lebih besar melalui kampanye Birthday Sale, Shopee terus memperhatikan perilaku belanja online yang terus bergerak.

Baca Juga: Konsistensi Shopee, Brand Lokal dan UMKM Berkembang Lebih Signifikan dalam Panggung Bisnis Digital Indonesia

Perubahan tren serta preferensi yang dapat mempengaruhi keputusan berbelanja di masyarakat, menjadi salah satu fokus utama untuk dikembangkan. Dengan demikian, Shopee dapat memastikan inovasi yang dilakukan, agar brand lokal dan UMKM dapat terus tumbuh, beradaptasi, dan bergerak bersama teknologi.

Adapun perilaku belanja online masyarakat saat ini adalah sebagai berikut.

Fitur Live

Aktivitas belanja online melalui fitur live menjadi daya tarik utama di tahun ini. Hal ini terjadi karena menghadirkan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan.

Monica mengatakan, sesi Shopee Live telah menarik banyak perhatian dari penggunanya. Dalam catatan Shopee, tercatat peningkatan transaksi lebih dari 49 kali lipat pada puncak 12.12.

Hal ini tentu saja membuka lebih besar peluang bagi pelaku usaha lokal, untuk meningkatkan performa dan penjualan sehingga semakin cuan.

Konten Visual

Konten visual yang kreatif dan informatif ternyata juga berpengaruh bagi keputusan berbelanja pengguna. Di Shopee, UMKM dan Brand Lokal dapat menggunakan fitur Shopee Video untuk menjadi salah satu ruang kreasi guna memberikan informasi dan hiburan terhadap produknya.

Shopee juga mencatat adanya peningkatan pengguna yang memanfaatkan fitur ini. Pada puncak kampanye 12.12 Birthday Sale, pesanan melalui Shopee Video mengalami peningkatan hingga 45 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Peningkatan Transaksi Produk Lokal Kategori Fashion dan Beauty

Ilustrasi ecommerce

Hadirnya tema berbeda setiap hari di momen 12.12 Birthday Sale, membuat brand lokal dan UMKM dapat menyoroti produknya dengan maksimal.

Pada kampanye 12.12, hari tematik Gajian Sale, Super Beauty Day, Bonus Akhir Tahun 12 M Day, Fashion Day, dan Shopee Video Day mencatatkan aktivitas belanja paling tinggi.

Ada dua kategori brand lokal dan UMKM yang mengalami peningkatan transaksi melalui kampanye tematik ini, yaitu kategori fashion dan beauty.

Pada kategori fashion, peningkatannya terjadi hingga 6 kali lipat. Adapun pada kategori beauty, terjadi peningkatan lebih tinggi, hingga lebih dari 8 kali lipat pada puncak kampanye.

Adapun fakta menarik dalam kecenderungan pengguna Shopee saat berbelanja produk dari brand lokal dan UMKM di kampanye 12.12 adalah sebagai berikut.

Produk lokal dari kategori fashion dan beauty menjadi produk yang paling dicari pengguna. Brand Lokal dan UMKM pun terus berinovasi menggunakan teknologi untuk menjawab setiap preferensi individu.

Baca Juga: Pesanan Ekspor Brand Lokal dan UMKM Meningkat 4 Kali Lipat, Bukti Shoppe 11.11 Big Sale Jadi Pendorong Pertumbuhan dan Peluang Bisnis

Celana jeans, jam tangan dan kemeja, merupakan tiga produk yang banyak dicari oleh pengguna dalam kategori fashion. Adapun untuk produk beauty, produk yang unggul adalah parfum, lip cream, dan moisturizer.

Hal menarik lainnya pada kampanye 12.12, adalah kategori set hadiah dan hampers, yang juga menjadi favorit pengguna. Kartu ucapan dan kertas kado, jadi produk pilihan pengguna Shopee untuk mempersiapkan hampers akhir tahun pada kampanye 12.12 kali ini.

Gebyar Promo Jadi Magnet Tarik Pengguna

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber:

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

Ikut Shopee 12.12 Birthday Sale, Transaksi Brand Lokal dan UMKM Naik hingga 10 Kali Lipat!

Link berhasil disalin!