INDOZONE.ID - Beberapa tahun belakangan, bisnis parfum lokal lagi ngehits banget di Indonesia, terutama karena orang-orang cari wangi yang oke tapi harganya nggak bikin kantong bolong. Nah, ada dua anak muda asli Jakarta, Given Susanto sama William Gomarga, yang peka banget sama peluang ini dan sukses membangun bisnis parfum di Shopee, namanya Heura.
Saat ditemui media di acara Shopee Super Awards 2023, dua cowok yang baru 21 tahun ini ceritain bagaimana Heura ini berawal.
“Jadi dari dulu saya memang suka pakai parfum, cuma kok parfum-parfum desainer di pasaran terlampau mahal untuk sebagian orang, akhirnya saya dan William putuskan untuk bikin Heura,” jelas Given.
Awalnya, Heura melakukan riset dan uji coba terhadap preferensi wangi masyarakat Indonesia. Dengan anggaran terbatas, Heura memutuskan untuk membuka penjualan secara online dan mendapati bahwa pasar merespons positif terhadap produk-produk mereka.
Baca Juga: Tips Memilih Jenis Parfum Sesuai Acara, Ini Aroma yang Cocok untuk Acara Outdoor
Keputusan untuk memulai penjualan di Shopee sebagai platform pertama didasari oleh pandangan bahwa Shopee mampu memberikan kenyamanan belanja online sekaligus menjadi top of mind e-commerce di tanah air. Heura menginginkan branding yang lebih eksklusif, sehingga Shopee dianggap sebagai platform yang lebih sesuai.
“Kami berusaha untuk membuat Heura ‘berbeda’ dengan strategi pemasaran yang kuat dan peningkatan kualitas produk. Keberhasilan ini tercermin dari peningkatan penjualan yang signifikan, mencapai puluhan ribu produk terjual setiap bulannya dan pertumbuhan year-on-year sekitar 150 hingga 200%,” kata Given.
Sebagai pengusaha muda yang sukses, Heura tidak hanya memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi melalui bisnisnya tetapi juga telah membuka lapangan kerja bagi 35 orang. Keberhasilan Heura dalam memanfaatkan potensi pasar wewangian di Indonesia dan kemampuan mereka dalam memanfaatkan fitur-fitur di Shopee yang mampu meningkatkan penjualan secara signifikan.
Baca Juga: Kowarteg Ganjar-Mahfud Hadir di Situbondo dan Berikan Pelatihan UMKM kepada Ibu-ibu
Walaupun baru aktif selama setahun sejak April 2022, Heura berhasil mencuri perhatian pembeli dengan penjualan lebih dari ratusan produk dalam bulan pertama sejak berdiri. Bahkan, sekarang angka penjualannya telah mencapai ribuan produk setiap bulan.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Press Release