INDOZONE.ID - Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) telah menjadi budaya baru bagi banyak orang di seluruh dunia, terutama dengan meningkatnya popularitas fleksibilitas kerja.
Namun dengan kebebasan ini, juga datang tanggung jawab yang besar. Menunjukkan rasa tanggung jawab saat bekerja dari rumah adalah kunci untuk tetap produktif dan efisien.
Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu untuk menunjukkan tanggung jawab pada saat WFH.
Simak selengkapnya dibawah ini!
Cara Menunjukan Sikap Tanggung Jawab Saat WFH
1. Tetapkan Jadwal Kerja yang Jelas
Buat jadwal kerja yang jelas dan patuhi dengan disiplin. Mulailah pada waktu yang sama setiap hari, dan tetapkan jam kerja yang konsisten.
Ini membantu kamu dan rekan kerja untuk mengetahui kapan kamu tersedia dan kapan tidak.
Pasalnya kamu harus memberikan waktu ataupun jadwal yang jelas supaya tidak ada misskomunikasi.
2. Jalin Komunikasi
Pastikan untuk tetap terhubung dengan rekan kerja dan atasan melalui saluran komunikasi yang ditetapkan.
Tanggapi pesan dan email dengan cepat dan jelas. Ini menunjukkan bahwa kamu siap bekerja dan responsif terhadap kebutuhan tim.
3. Tetapkan Target yang Jelas
Setiap hari, tetapkan tujuan yang jelas untuk diri sendiri. Tentukan apa yang ingin kamu capai pada hari itu dan prioritaskan tugas-tugas tersebut.
Ini membantu menjaga fokus dan meningkatkan produktivitas. Karena kalau kamu tidak memiliki target yang jelas ketika WFH, biasanya kamu akan lebih banyak santai ketimbang bekerja karena merasa tidak ada target.
4. Penuhi Deadline
Penting untuk memenuhi deadline yang ditetapkan untuk proyek-proyek yang akan kamu kerjakan.
Buatlah jadwal kerja yang memungkinkan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
Baca Juga: Apa Itu Kerja Remote? Simak Penjelasan dan Keuntungannya yang Harus Kamu Ketahui!
Jika terjadi kendala yang membuat kamu tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, komunikasikan hal tersebut pada atasan atau rekan kerja dengan segera.
5. Tetap Profesional
Meskipun bekerja dari rumah, penting untuk tetap mempertahankan tingkat profesionalisme yang tinggi.
Bersikaplah sopan dalam komunikasi dengan rekan kerja, hindari gangguan yang tidak perlu selama jam kerja, dan pastikan bahwa lingkungan kerja kamu memberikan kesan profesional saat berpartisipasi dalam panggilan video atau pertemuan daring.
6. Tetapkan Batasan antara Pekerjaan dan Waktu Luang
Sangat mudah untuk terjebak dalam pola bekerja yang terus-menerus saat bekerja dari rumah.
Tetapkan batasan yang jelas antara waktu kerja dan waktu luang. Berhenti bekerja pada waktu yang ditetapkan, dan jangan biarkan pekerjaan mengganggu kehidupan pribadi.
7. Selalu Kasih Kabar
Jika kamu mengalami kendala yang dapat memengaruhi kinerja, seperti gangguan internet atau masalah teknis lainnya, beri tahu tim kamu di kantor secepat mungkin.
Ini menunjukkan bahwa kamu bertanggung jawab dan transparan tentang situasi yang sedang kamu hadapi.
8. Evaluasi dan Koreksi
Secara teratur, evaluasi kinerja kamu saat bekerja dari rumah. Pahami area di mana kamu dapat meningkatkan tanggung jawab dan produktivitas, lalu ambil langkah-langkah untuk melakukan perbaikan.
Baca Juga: Pengin Kerja Jarak Jauh? Ini 10 Negara Terbaik untuk Remote Working
Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat menunjukkan rasa tanggung jawab saat bekerja dari rumah dengan efektif.
Mematuhi jadwal kerja yang jelas, berkomunikasi secara terbuka, dan memprioritaskan tugas-tugas yang diberikan, akan membantu kamu supaya tetap produktif dan sukses dalam lingkungan kerja yang fleksibel ini.
Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone.Yuk bikin cerita dan konten serumu serta dapatkan berbagai reward menarik! Let's join Z Creators dengan klik di sini.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Glints.com