INDOZONE.ID - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah waktu yang penting bagi siswa baru untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah.
Salah satu cara untuk membuat MPLS lebih menarik dan menyenangkan, adalah dengan menggunakan ice breaking atau permainan singkat yang bisa membantu siswa tetap fokus dan semangat.
Berikut ini adalah beberapa contoh ice breaking yang bisa diaplikasikan oleh guru saat pembelajaran di kelas.
1. Tepuk Pagi, Siang, dan Malam
Permainan ini melibatkan siswa dalam aktivitas tepuk tangan yang mengikuti perintah guru:
- Jika guru mengatakan "Pagi," siswa harus tepuk tangan satu kali.
- Jika guru mengatakan "Siang," siswa harus tepuk tangan dua kali.
- Jika guru mengatakan "Malam," siswa hanya tepuk tangan setengah kali (seolah-olah orang sedang tidur).
Baca Juga: Maxwell Kembali ke Clash of Champions Ruangguru, Netizen: Plot Twist Banget!
Guru bisa mengecoh siswa dengan mengatakan "Pagi-pagi, Siang-siang, Pagi, Siang, Pagi-pagi," dan akhirnya "Malam."
Jika ada siswa yang masih tepuk tangan pada saat "Malam," itu tandanya mereka belum fokus.
2. Ikuti Apa yang Saya Ucapkan
Dalam permainan ini, guru mengucapkan dua kata yang harus diikuti siswa:
- Misalnya, "Ayam-ayam, Bebek-bebek."
- Guru kemudian mengulangi kata tersebut dalam berbagai kombinasi, seperti "Ayam, Bebek-bebek, Ayam, Bebek-bebek."
Setelah beberapa putaran, guru bertanya, "Ada berapa ayam?" Siswa yang fokus akan menjawab dengan mengulangi kata-kata yang diucapkan guru sebelumnya, bukan menjawab jumlahnya.
3. Konsentrasi Nama
Permainan ini menggabungkan tepuk tangan dan ucapan:
- Siswa pertama menyebutkan nama dirinya dan nama teman yang akan dia tunjuk.
- Teman yang disebutkan harus melanjutkan dengan menyebutkan namanya dan nama teman lainnya, sambil semua siswa bertepuk tangan mengikuti pola yang sudah ditentukan.
4. Tunjuk Jari atau Pegang
Guru memerintahkan siswa untuk mengangkat jari telunjuk dan mengikuti gerakan:
- Putar ke kanan dua kali, putar ke kiri dua kali.
- Guru kemudian mengucapkan perintah, seperti "Pegang dahi" atau "Pegang mata."
- Siswa yang masih belum fokus mungkin akan salah mengikuti perintah.
5. Tepuk Tangan Bernada
Contoh ice breaking seru ini melatih motorik dan fokus anak:
- Guru berperan sebagai dirigen, mengarahkan siswa untuk tepuk tangan keras atau pelan sesuai gerakan tangan guru.
- Permainan bisa divariasikan dengan menambah barisan tepuk tangan dari berbagai arah.
6. Permainan Semut dan Gajah
Permainan ini melibatkan persepsi anak:
- Guru menyebutkan "Semut kecil" dengan gerakan besar dan "Gajah besar" dengan gerakan kecil.
- Siswa harus menyanyikan dan mengikuti gerakan sambil melatih persepsi mereka.
7. Bernyanyi
Bernyanyi adalah ice breaking yang menyenangkan untuk siswa TK dan SD:
- Contohnya, "Satu jari kananku, satu jari kiriku, digabung jadi dua, kubuat jembatan."
- Lanjutkan dengan variasi hingga lima jari, sambil mengajak siswa bergerak.
8. Marina Menari di Atas Menara
Permainan ini melibatkan gerakan yang sesuai dengan lirik lagu:
- Guru menyanyikan, "Marina menari di atas menara."
- Siswa memeragakan gerakan sesuai dengan instruksi guru.
9. Makan Apa?
Permainan ini melatih kerjasama kelompok:
- Kelas dibagi menjadi dua kelompok besar yang saling bertanya dan menjawab dengan kata makanan.
Baca Juga: Penjagalan Anjing Masih Marak, Muncul Petisi Perlindungan Kesejahteraan Hewan
- Contohnya, "Makan apa sekarang?" kelompok lain menjawab "Ayam goreng."
10. Awali dan Akhiri dengan Kata Benda
Permainan ini menguji kekayaan kosakata siswa
- Guru memulai dengan kalimat yang diawali dan diakhiri dengan kata benda, misalnya, "HP saya simpan di atas kasur."
- Siswa melanjutkan dengan kalimat baru menggunakan kata benda terakhir dari kalimat sebelumnya.
permainan singkat untuk MPLS ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki nilai edukatif yang bisa membantu siswa tetap fokus dan meningkatkan konsentrasi selama pembelajaran.
Dengan contoh ice breaking untuk MPLS ini menjadi salah satu cara agar suasana kelas lebih hidup dan berwarna, serta siswa akan lebih siap menerima materi pelajaran.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: YouTube @Nam Channel