INDOZONE.ID - Kampanye 12.12 Birthday Sale Shopee, yang berlangsung sejak 15 November - 12 Desember 2024, memberi dampak positif untuk para penjual.
Hebatnya, pada puncak Kampanye 12.12 Birthday Sale, brand lokal & UMKM mencatatkan peningkatan penjualan hingga tujuh kali lipat, ketimbang hari biasa.
Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, mengatakan, “Keberhasilan Shopee selama kampanye 12.12 tak terlepas dari dukungan luar biasa para pengguna, dedikasi dari para brand lokal dan UMKM, dan kolaborasi para konten kreator yang tanpa henti mempersiapkan strategi terbaik mereka. Hasil kolaborasi dari seluruh ekosistem Shopee membuat perjalanan kampanye akhir tahun 12.12 Birthday Sale menjadi sangat mengesankan dan tak terlupakan dalam menutup tahun 2024.”
Tren Akhir Tahun pada Puncak Kampanye 12.12
Para pengguna turut menikmati rangkaian penawaran menarik pada 12 Desember, mulai dari promo untuk produk brand lokal dan UMKM, hingga keseruan belanja lewat fitur interaktif.
Hal ini berdampak langsung pada lonjakan pesanan, banyak penjual mencatatkan peningkatan penjualan yang signifikan berkat visibilitas yang lebih tinggi akan produk brand lokal dan UMKM sepanjang kampanye.
Peningkatan tren belanja ini juga sejalan dengan makin banyak pengguna yang memanfaatkan kampanye ini, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari produk-produk brand lokal dan UMKM di berbagai kategori.
Pada puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale, para penjual dan produk di beberapa kategori ini juga menjadi favorit pengguna, seperti:
Atasan dan tas wanita turut menjadi kategori brand lokal dan UMKM terfavorit pengguna dengan peningkatan pesanan hingga tujuh kali lipat.
Cardigan, kemeja, dan tas selempang berhasil menjadi produk brand lokal dan UMKM pilihan pengguna sebagai salah satu opsi outfit akhir tahun.
Permintaan akan produk lokal di kategori kosmetik wajah serta parfum & wewangian, juga ikut meningkat hingga 11 kali lipat.
Para pengguna mulai mempersiapkan diri menyambut perayaan akhir tahun, bedak wajah, lipstik, dan eau de parfum menjadi produk lokal favorit yang paling banyak dibeli.
Masyarakat juga memanfaatkan momen ini untuk memenuhi kebutuhan di rumah, terlihat dari kategori kebersihan & binatu meningkat hingga 18 kali lipat.
Pada puncak kampanye, pengguna memanfaatkan promo untuk membeli produk sabun cuci piring, pewangi pakaian, dan detergen yang menjadi produk lokal yang populer di kategori ini.
Jaga Keberlangsungan Bisnis & Keterlibatan Ekosistem di 12.12 Melalui Fitur Interaktif
Di penghujung 2024, gaya berbelanja interaktif yang interaksi penjual dan pembeli semakin menjadi sebagai daya tarik utama.
Tren ini terus mengalami peningkatan mengingat makin banyak pembeli yang mengutamakan pengalaman belanja interaktif dan personal.
Untuk mengakomodasi kebutuhan ini, Shopee senantiasa mengembangkan berbagai program dan fitur yang dirancang untuk menciptakan ekosistem yang dinamis.
Tidak hanya memfasilitasi transaksi, program serta fitur yang dihadirkan juga berfokus untuk membangun hubungan yang lebih erat antara pengguna, penjual, dan konten kreator.
Mengamati makin masifnya tren jual beli online lewat live streaming, tidak heran jika Shopee Live terus menjadi fitur favorit bagi seluruh ekosistem Shopee.
Baca Juga: Disaksikan Bawaslu, Dinkop dan UMKM Sleman Perkenalkan Flyer Resmi PPD 2024
Pada puncak kampanye 12.12 Birthday Sale, Shopee mencatatkan peningkatan transaksi Shopee Live lebih dari sembilan kali lipat untuk brand lokal dan UMKM yang menunjukkan antusiasme pengguna dalam memanfaatkan fitur ini, guna memenuhi kebutuhan akhir tahun mereka sambil menikmati pengalaman belanja penuh hiburan.
Kemeriahan festival belanja akhir tahun yang sekaligus menjadi momen selebrasi ulang tahun Shopee ke-9 ini, turut dirasakan oleh para konten kreator, jumlah klik pada link rekomendasi produk dari Shopee Affiliate mengalami peningkatan lima kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan dengan tahun lalu.
Hal ini menunjukkan, bahwa makin banyak pengguna Shopee yang mencari dan membeli rekomendasi produk brand lokal dan UMKM melalui konten menarik dari para kreator.
Sinergi dari ekosistem Shopee kali ini, sangat terlihat dari kolaborasi para penjual dan konten kreator yang memanfaatkan momen akhir tahun, untuk memaksimalkan potensi bersama.
Oleh sebab itu, Monica berterima kasih atas kolaborasi dan kepercayaan dari para pengguna, penjual, dan kreator di dalam ekosistem Shopee.
“Kami sangat berterima kasih atas kolaborasi positif dan kepercayaan yang luar biasa dari para pengguna, penjual, dan kreator dalam ekosistem Shopee,” jelas Monica.
Monica pun menegaskan, harapan Shopee untuk menjadi kawan setia untuk pembeli hingga penjual, dalam ekosistem jual-beli yang sehat, sehingga mencapai pertumbuhan kolektif berkelanjutan.
“Ke depannya, kami berharap Shopee dapat terus menjadi kawan setia bagi brand lokal, pengusaha UMKM, dan masyarakat Indonesia secara luas, untuk membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan, meraih peluang, hingga mencapai pertumbuhan kolektif yang berkelanjutan,” pungkasnya.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Pers Rilis