Mengenal Slow Jogging Indonesia: Komunitas Lari Lambat yang Seru dan Mengedukasi

- Jumat, 9 Juni 2023 | 00:05 WIB
Komunitas Slow Jogging Indonesia (Z Creator/Diva Ami)
Komunitas Slow Jogging Indonesia (Z Creator/Diva Ami)

Bagi kamu yang menyukai olahraga jogging, namun mudah lelah, ada alternatif jogging yang bisa digunakan, yaitu slow jogging atau jogging lambat.

Slow jogging adalah joging dengan kecepatan lambat yang diinisiasi oleh Alm. Prof. Dr. Hiroaki Tanaka dari Jepang. Jika kamu ingin mencari teman untuk saling belajar dan memberi semangat, ada komunitas keren yang bernama Komunitas Slow Jogging Indonesia (SJI).

Komunitas Slow Jogging Indonesia diprakarsai oleh Ruly Prasetya S,Sn. Dia mendirikan komunitas ini untuk memberi rumah bersama bagi para pelari pemula, pelari senior, dan pelari lain tanpa membedakan suku, ras, agama, budaya, dan tidak peduli seberapa cepat kecepatan berlarinya.

-
Komunitas Slow Jogging Indonesia (Z Creator/Diva Ami)

Berdiri di Yogyakarta, 30 Desember 2017, komunitas ini telah memiliki banyak anggota dari berbagai kota di Indonesia. Member dalam komunitasnya telah menyentuh angka 13 ribu. 

Baca juga: Gerah Sampah Menutupi Pantai di Anjungan Cempae, Komunitas Ini Lakukan Bersih-bersih

Pelari-pelari di komunitas Slow Jogging yang beragam itulah yang membuat semakin seru dengan berbagai cerita, sharing pengalaman berlari, hingga sharing pengalaman berprestasi. 

-
Komunitas Slow Jogging Indonesia (Z Creator/Diva Ami)

Bukan sembarang latihan bareng. Saat ini salah satu coach di SJI adalah Slamet Widada, pelari senior asal Penjaringan Jakarta Utara.

Agenda acara mereka antara lain Latihan Bareng, Coaching Clinic, dan Giveaway Challenge. Hal ini bisa diadakan secara virtual maupun langsung di kota masing-masing. 

Tak hanya itu, komunitas ini juga beberapa kali mengadakan plogging, yaitu aktivitas berlari diikuti dengan aksi memungut sampah. Sehingga sangat bermanfaat bagi lingkungan dan memberikan contoh baik untuk komunitas lainnya.

-
Komunitas Slow Jogging Indonesia (Z Creator/Diva Ami)

Baca juga: Komunitas Mersi Fans Club Dapat Ilmu Bermedia Sosial yang Beretika dan Menghasilkan Cuan

"Jogging lambat bukan hanya tentang kecepatan, ini juga merupakan teknik lari bebas cedera memungkinkan awal yang aman untuk memulainya, dan ringan untuk dinikmati," ujar Ruly Prasetya kepada Z Creator saat ditemui selesai latihan.

"Harapan saya, membantu teman-teman pelari meraih prestasi di bidang lari dengan bentuk pembinaan, edukasi, dan pendampingan secara sukarela pelatih-pelatih SJI, dan juga membantu teman- teman yang ingin berlaga dalam event lari namun terganjal masalah financial," pungkasnya.

-
Founder Komunitas Slow Jogging Indonesia (Z Creator/Diva Ami)

Artikel menarik lainnya: 

Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone.Yuk bikin cerita dan konten serumu serta dapatkan berbagai reward menarik! Let's join Z Creators dengan klik di sini.

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Terkini

X