Kategori Berita
Media Network
Rabu, 28 AGUSTUS 2024 • 21:00 WIB

Ada Hidden Cost, Produsen dan Konsumen Memiliki Tanggung Jawab Kelola Sampah

Acara Initiating Action to Power Green Nation di MGP Space, Jakarta

INDOZONE.ID - Kesadaran pengelolaan sampah masih rendah karena masyarakat tidak menyadari mengenai hidden cost.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Perencanaan Bisnis & Pengembangan Strategis Pertamina New & Renewable Energy, Fadli Rahman di acara bertajuk Initiating Action to Power Green Nation di MGP Space, Jakarta pada, Selasa (27/8/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Fadli mengingatkan masyarakat untuk menyadari hidden cost dari karbon yang keluar dari kendaraan akan menimbulkan polusi dan merusak kesehatan.

Baca Juga: Kelompok Mahasiswa Ubah Hasil Bakar Sampah jadi Penguat Bangunan: Gimana Caranya?

Selain itu dari sisi regulasi diperlukan insentif untuk meningkatkan kesadaran di level produsen.

"Cost kesehatan, cost karbon dan emisi. Itu semua hidden cost. Kalau di luar negeri itu ada pajak karbon sehingga cost itu tidak tersembunyi lagi sehingga mereka terdorong untuk membeli alat yang lebih sustainable. Lalu ada insentif juga," tutur Fadli.

Sedangkan dari sisi konsumen, Co-Founder Demibumi Jessica Halim mengajak masyarakat ubah perilaku secara struktural melalui hal sederhana. Salah satunya melalui penggunaan gelas.

"Kita sebagai konsumen juga bertanggung jawab dan memiliki dampak langsung untuk mengubah perilaku produsen. Misal kalau belanja di kafe jangan menggunakan paper cup, gelas plastik atau sedotan. Lalu hal sederhana lain adalah komentar di media sosial produsen untuk berhenti menggunakan styrofoam. Ini kejadian nyata dan produsen tidak gunakan styrofoam lagi,” ujar Jessica.

Baca Juga: Atasi Masalah Sampah, Pemkot Yogyakarta Rilis Aplikasi Bank Sampah

Tahun ini Ideafest 2024 mengambil tajuk ‘i’. Tajuk ‘i’ menggambarkan karakter setiap individu dari berbagai generasi yang haus akan wawasan dan ide inovatif.

Ideafest 2024 akan menghadirkan berbagai acara dari IdeaTalk hingga Creative Market & Food Market.

Selama tiga hari, akan ada 140 sesi. Kegiatan ini menjadi peluang pengusaha, konsumen dan masyarakat luas untuk mengeksplorasi peluang berinovasi di berbagai disiplin ilmu.

 


Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Liputan

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

Ada Hidden Cost, Produsen dan Konsumen Memiliki Tanggung Jawab Kelola Sampah

Link berhasil disalin!