Kategori Berita
Media Network
Minggu, 16 MARET 2025 • 15:10 WIB

Hasil Survei: Gen Z Paling Aktif Bayar-bayar Pakai Bank Digital, Alasannya Menarik

 

Ilustrasi digital banking. (Freepik)

INDOZONE.ID - Seberapa sering kamu memanfaatkan bank digital dalam kehidupan sehari-hari? Ternyata gen z dan milenial dianggap orang yang paling aktif bertransaksi melalui bank digital dan temuan survei lain yang menarik loh.

Ipsos, salah satu perusahaan riset pasar terkemuka di dunia, melakukan riset bertajuk “Studi Perilaku & Kepuasan Konsumen terhadap Bank Digital di Indonesia”. Riset ini melibatkan pengguna aktif bank digital di Indonesia untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi preferensi dan kepuasan mereka dalam bertransaksi melalui bank digital.

Dalam beberapa tahun terakhir digitalisasi terus mendorong pertumbuhan dunia perbankan Indonesia. Seiring meningkatnya adopsi layanan keuangan berbasis digital, bank digital semakin diminati oleh masyarakat.

Baca Juga: Diblokir Pacar, Pria Ini Kirim Pesan Via M-banking, Transfer Uang Sambil Minta Maaf

Tren Bank Digital

Tren ini tercermin dalam pertumbuhan transaksi perbankan digital yang di keluarkan oleh Bank Indonesia, tumbuh 40,1% secara tahunan (YoY) pada November 2024. Tren positif ini diprediksikan akan terus berlanjut pada 2025 dengan peningkatan sebesar 52,3% YoY, yang didorong oleh kenaikan volume transaksi BI-FAST sebesar 34,1%

Kepercayaan Masyarakat

Survei ini dilakukan secara online menggunakan Ipsos Digital Solutions, melalui Online Panel Fast Fact pada akhir Februari 2025. Melibatkan 300 responden dari berbagai wilayah di Indonesia, serta metode kuesioner terstruktur, mencakup pria dan perempuan berusia 18-55 tahun dari berbagai tingkat sosial ekonomi, yang merupakan pengguna internet aktif dan memiliki setidaknya satu akun bank digital, serta aktif menggunakannya minimal satu kali dalam sebulan.

Hasil surveinya menemukan tiga kebiasaan yang paling sering dilakukan masyarakat ketika menggunakan produk bank digital. Mereka cukup sering top-up e-wallet (76%), pembayaran QRIS (71%) dan kemudahan transfer antar-bank (70%).

Kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi mutlak menjadi hal yang penting bagi masyarakat dalam menggunakan bank digital. Selain itu, kepercayaan terhadap bank digital menjadi nilai unggul untuk para pemain di sektor bank digital dalam meningkatkan minat masyarakat untuk memilih bank digital tersebut.

Baca Juga: Daftar Negara Bisa Belanja dengan Mudah Menggunakan QRIS, Mulai Thailand hingga Korea Selatan

Popularitas Bank Digital di Kalangan Gen Z

Ilustrasi Gen Z

Dalam studi ini juga menunjukan bahwa popularitas bank digital di Indonesia lebih disukai oleh kalangan anak muda, terutama Gen Z dan Milenial. Mereka sangat aktif menggunakan layanan keuangan digital dalam kehidupan sehari-hari.

Hasil survei mengungkapkan bahwa lebih dari 50% responden berusia 25-44 tahun memilih SeaBank sebagai bank digital favorit mereka. Bank Jago juga menempati posisi kedua dengan 32%, diikuti oleh Bank Neo yang dipilih oleh 28% responden dari kelompok usia yang sama.

Executive Director Ipsos Indonesia, Andi Sukma mengatakan, studi ini diharapkan bisa memberi pemahaman bagaimana persepsi masyarakat Indonesia terhadap bank digital. Terutama dari sisi customer experience-nya.

“Hasil riset ini dapat digunakan oleh para pelaku industri bank digital untuk terus meningkatkan kinerja, guna memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap layanan perbankan digital. Pada akhirnya, upaya ini dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan di sektor keuangan digital Indonesia,” ungkap Andi saat ditemui wartawan di Jakarta.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Liputan Langsung

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

Hasil Survei: Gen Z Paling Aktif Bayar-bayar Pakai Bank Digital, Alasannya Menarik

Link berhasil disalin!