Ilustrasi mengembangkan toko online (Pixabay)
Toko online memang membantu kamu lebih cepat dalam memasarkan produk. Namun, kamu juga perlu update apa saja yang menjadi pencarian baru bagi para pembeli. Ini semua demi perkembangan toko online kamu untuk kemajuan bisnis.
Jika kamu sudah selesai dalam membuat website toko online menggunakan WordPress seperti yang dijelaskan pada sub sebelumnya, ada beberapa tips mengembangkan toko online untuk kemajuan bisnis.
Simak poin-poinnya dalam artikel berikut ini:
Sebagai pelaku bisnis, meningkatkan penjualan produk tidak dapat stuck pada satu strategi saja. kamu perlu mempelajari berbagai teknik lainnya untuk mendongrak bisnis online yang kamu jalankan. Salah satunya, belajar teknik digital margeting yang tepat.
Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang sudah diterapkan perusahaan-perusahaan besar bahkan startup kecil sekali pun. Dengan begitu, Anda dapat bersaing dengan kompetitor lain untuk berhasil menguasai pasar.
Beberapa keuntungan belajar digital marketing, di antaranya:
Namanya bisnis online, tentu kamu perlu meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. Apalagi, jika jumlah penjualan terus meningkat. Jangan sampai permintaan pelanggan tidak direspon dengan baik, apalagi kalau sampai menunggu lama.
Kamu perlu melihat sejauh mana reviews dan ratings dari pelanggan terhadap produk di toko online kamu, apakah ada keluhan? Jika ada, maka segera perbaiki.
Tentu saja, produk di website toko online kamu akan semakin dilirik pembeli jika memang diakui kualitas bagus. Bukan hanya dilirik, jumlah pembeli pun akan terus bertambah dalam waktu cepat.
Selain produk, kamu juga harus meningkatkan kualitas pelayanan. Apabila kedua hal tersebut -pelayanan dan produk- sudah kamu berikan semaksimal mungkin, sudah dapat dipastikan pelanggan akan semakin senang order produk di toko online kamu.
Tak bisa dipungkiri, semua orang suka diskonan dan promo sana-sini. Ini bisa menjadi peluang bagus untuk mengembangkan website toko online kamu sendiri demi kemajuan bisnis.
Diskon dan promosi produk secara rutin yang kamu berikan akan semakin menarik perhatian pelanggan. Dengan begitu, pelanggan pasti akan bersemangat shopping di toko online kamu.
Tidak perlu diskon dan promo besar-besaran, kamu dapat memulainya dengan yang kecil saja dulu. Toh, ini sebagai pemantik bagi pelanggan untuk belanja lagi dan lagi di toko online yang kamu kelola.
Selain memberi promo dan diskon, cara mengembangkan toko online atau e-commerce berikutnya yaitu dengan aktif promosi di media sosial, terutama di Facebook dan Instagram. Karena dua media sosial tersebut yang paling ramai digunakan orang sampai sekarang.
Promosi secara rutin di platform media sosial bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi persaingan website, iklan, dan endorsement sudah menjamur di mana-mana.
Meski begitu, tak ada salahnya mencoba tips berikut ini. Yakin saja, segala hal yang dilakukan konsisten pasti akan berbuah manis di waktu yang tepat.
Inovasi produk atau brand bisnis sangatlah penting. Produk bagus, unik, antimainstream, dan dibanderol dengan harga terjangkau, pastinya akan 'memancing' pelanggan lebih banyak.
Beda halnya jika produk kamu tidak ada inovasinya sama sekali. Pelanggan akan sulit kembali lagi ke toko online kamu dan memilih mencari toko lainnya yang memiliki produk lebih unik dan terbaru.
Nah, demikianlah penjelasan singkat tentang tips mengembangkan toko online atau bisnis e-commerce supaya bisnismu semakin lancar. Semoga bermanfaat, ya!
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: