Ilustrasi mengerjakan tugas. (Pexels/Energepic.com)
Menunda-nunda pekerjaan tidak akan membuat tugasmu lebih ringan. Tapi justru bisa membuat kamu merasa lelah karena pada akhirnya harus melakukan sesuatu dengan terburu-buru.
Menunda pekerjaan, atau dikenal dengan istilah prokrastinasi adalah perilaku yang negatif dan tidak perlu dipertahankan.
CEO aplikasi konseling psikologi online Riliv, Audrey Maximillian Herli mengatakan terlalu sering prokrastinasi merugikan. Produktivitas juga bisa menurun seiring kamu yang yang sering menunda-nunda pekerjaan.
"Kalau kita punya banyak waktu untuk mengerjakan tugas dengan maksimal, kenapa harus mengerjakan tugas saat mepet deadline? Bayangkan kalau kita bisa selesai mengerjakan tugas di awal waktu, waktu yang tersisa bisa kalian gunakan untuk mengerjakan hal lain yang bermanfaat," kata Audrey kepada Indozone.
Audrey juga memberikan lima tips agar kamu tidak lagi menunda-nunda pekerjaan:
Kamu mungkin menunda-nunda pekerjaan karena merasa deadline yang diberikan masih panjang. Jika selalu berpikir begini, pada akhirnya kamu akan kerepotan bekerja saat deadline mepet.
Supaya tidak menunda lagi, kamu bisa menetapkan deadline untuk diri sendiri lebih cepat dari deadline yang sebenarnya. Misalnya jika batas waktu pekerjaan kamu adalah hari Jumat, kamu bisa memberikan batas waktu lebih awal, yaitu hari Kamis atau hari lainnya.
Tugas besar seringkali terlalu menakutkan untuk dikerjakan. Biasanya, penyebabnya adalah karena kamu takut salah dan tidak tahu harus mulai mengerjakan dari mana.
Cara mengatasinya cukup mudah, kamu bisa memecah tugas besar tersebut menjadi tugas-tugas kecil yang lebih spesifik. Sebagai contoh jika kamu memiliki tugas membuat proposal ide bisnis, kamu bisa menjabarkan hal-hal kecil yang menyusun sebuah proposal ide bisnis.
Apa yang mengganggumu saat bekerja? Apakah itu handphone, televisi, atau hal lainnya?
Kalau hal-hal tersebut mengganggu, kamu bisa menyingkirkannya terlebih dahulu sebelum bekerja. Matikan handphone dan televisi agar kamu bisa mulai bekerja secara maksimal.
kamu bisa memberi self reward tiap kali berhasil mengerjakan tugas. Cara ini akan membantu kamu berhenti menunda-nunda karena kamu jadi lebih semangat dalam mengerjakan tugas berikutnya.
Menurut psikolog Alexander Rozental, strategi terbaik dalam memberi self reward adalah dengan memberi hadiah-hadiah kecil, bukan hadiah besar. Contohnya, kamu bisa menghadiahi diri kamu sebungkus cokelat jika sudah mengerjakan satu tugas.
BACA JUGA: Biar Tak Keliru, Yuk Ketahui Perbedaan Pekerjaan dan Profesi
Mel Robbins, seorang entrepreneur dan motivator terkenal dari Amerika Serikat, menggunakan aturan 5 detik untuk membantunya berhenti menunda-nunda.
Setiap kali ia merasa enggan mengerjakan suatu tugas, ia akan berhitung sampai 5. Tepat setelah hitungan kelima, ia akan bangkit dari rasa malas dan mulai mengerjakan tugas tersebut. Sama seperti Mel Robbins, kamu juga bisa menggunakan cara ini jika merasa ingin menunda-nunda pekerjaan.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: