Chief Marketing Office Implora, Hendrata Liadi.
INDOZONE.ID - Industri kosmetik lokal terus mengalami perkembangan pesat dan menjadi prospek bisnis yang menjanjikan. Hal ini disebabkan karena semakin banyak generasi muda sadar akan pentingnya menjaga penampilan.
Salah satu cerita inspiratif datang dari Implora, sebuah brand lokal yang berhasil berjaya di pasar kosmetik nasional dengan berbagai pencapaiannya. Berdiri sejak tahun 2002, Implora hadir dengan penuh inovasi untuk menjawab kebutuhan perempuan Indonesia akan produk kosmetik berkualitas tinggi.
Hendrata Liadi selaku Chief Marketing Office Implora, mengisahkan perjuangan awal Implora dalam menjajakan produk kosmetik dari pintu ke pintu di wilayah Jawa dan Bali. Tidak pernah terbayang oleh mereka bahwa perjalanannya bisa bertahan lebih dari dua dekade dan mendapat kepercayaan dari masyarakat. Melihat semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang jeli dan selektif dalam memilih produk kosmetik, Implora hadir dengan visi besar, yakni menyediakan produk kosmetik berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.
"Kami percaya bahwa Industri kosmetik nasional mempunyai potensi yang sangat besar untuk dikembangkan, mengingat melimpahnya ketersediaan sumber daya alam sebagai bahan baku kosmetik. Tak hanya itu, transformasi digital turut berperan penting dalam perjalanan Implora. Kami mengakui, kehadiran e-commerce seperti Shopee memberikan kontribusi besar dalam memperluas jangkauan pasar kami, melalui berbagai program, fitur interaktif, dan kampanye belanja. Sebagai contoh, kami mencatatkan rata-rata peningkatan pesanan hingga 10 kali lipat pada setiap puncak kampanye belanja Shopee dibandingkan dengan hari biasa. Selain itu, pada kuartal I 2024, transaksi kami di Shopee mengalami lonjakan sebesar 50 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya," jelas Hendrata Liadi.
Baca Juga: Bonavie Ukir Kisah Sukses sebagai Parfum Lokal yang Rasakan Peningkatan Bisnis Melalui Shopee Live
Transformasi Implora jadi kosmetik pilihan masyarakat
Implora dirintis oleh dua pendiri inspiratif asal Surabaya, Go Wi Liem dan Sri Melani, yang memulai perjalanan bisnis mereka dengan mengembangkan produk parfum pada awal tahun 2000-an. Berbekal tekad kuat, mereka meluncurkan merek parfum Implora yang mendapat sambutan positif dari masyarakat. Kesuksesan awal ini mendorong pasangan tersebut memperluas lini produk Implora dengan menghadirkan berbagai produk kosmetik non-parfum, seperti bedak, eyeshadow, dan lipstik, pada 2010-an. Di tahun 2017, Implora juga mendapat antusiasme yang luar biasa dari para pecinta kosmetik saat meluncurkan Urban Lip Cream Matte. Melihat potensi pasar yang lebih luas, Implora kemudian mengembangkan kategori skincare, dengan face serum sebagai produk perdananya.
Menyasar segmentasi perempuan muda, mulai dari mahasiswa hingga pekerja profesional, Implora membawa filosofi kosmetik adalah milik semua orang, sehingga mereka senantiasa berkomitmen menghadirkan produk inklusif.
"Selaras dengan Tagline kami, 'Berani Jadi Aku', mencerminkan komitmen kami untuk membantu perempuan merasa nyaman dengan dirinya sendiri melalui produk yang sesuai kebutuhan, dengan merancang berbagai produk kosmetik yang sesuai dengan karakter paras perempuan Indonesia. Dalam menjaga kualitas, kami memastikan seluruh produk kami memenuhi standar tinggi, mulai dari perizinan BPOM, sertifikasi halal, hingga uji klinis oleh dermatologis. Serta, seluruh proses produksi kami dilakukan sesuai Good Manufacturing Practices dan dilakukan secara lokal di pabrik kami di Sidoarjo, Jawa Timur," tambah Hendrata Liadi.
Baca Juga: Hadirkan Produk Baru di Shopee Mall, mise en scène Gandeng aespa Jadi Brand Ambassador
Cara Implora inovatif optimalkan peluang tumbuh bersama ekosistem Shopee
Dalam memperluas visibilitas produknya secara nasional di seluruh Indonesia, Implora cermat dan adaptif dalam mengoptimalkan peluang yang dihadirkan ekosistem e-commerce, seperti Shopee. Sejak bergabung di Shopee di tahun 2017, Implora terus beradaptasi, berinovasi, dan berinvestasi dalam memanfaatkan berbagai peluang yang disediakan Shopee, mulai dari program promosi toko, kampanye belanja angka kembar, hingga fitur Shopee Live dan Shopee Video. “
"Pengalaman kami meyakini bahwa Shopee merupakan wadah yang tepat bagi kami untuk dapat terus bertumbuh dengan inovatif dalam mengakses pasar yang lebih luas," jelas Hendrata Liadi.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Press Release