Kamis, 16 NOVEMBER 2023 • 07:00 WIB

Punya Tren Berbeda, Ini Ragam Produk Favorit Pengguna Shopee di Pulau Sumatera Hingga Papua

Author

Ilustrasi E-Commerce.

INDOZONE.ID- Beragam pencapaian dan tren belanja menarik pada brand lokal dan UMKM, menutup kampanye Shopee 11.11 Big Sale.

Momen ini tidak hanya sekedar digunakan untuk mencari promo akhir tahun yang memberi banyak keuntungan, namun juga menggambarkan bagaimana para penjual di berbagai pulau Indonesia bersaing menghadirkan produk terbaiknya di platform Shopee.

Dalam catatan Shopee, masing-masing pulau di Indonesia memiliki tren produk favorit berbeda. Meski demikian, para konsumen sama-sama mendukung pertumbuhan bisnis lokal, dan menghargai kreativitas serta kualitas produk-produk dari pelaku usaha lokal.

Berikut adalah data tren produk paling laris di masing-masing pulau di Indonesia.

Sumatera

Di Pulau Sumatera, ternyata Minyak Telon, Popok Bayi, dan Kaos Anak menjadi produk lokal dan UMKM yang paling banyak dibeli di puncak kampanye.

Hal ini memperlihatkan kebutuhan produk dari kategori Ibu dan Anak menjadi tren yang sangat dicari saat ini bagi para ibu baru di Sumatera.

Jawa

Sebagai pulau yang penduduknya paling besar, tren belanja di Pulau Jawa dipengaruhi oleh brand lokal yang semakin menjamur dengan kualitas produk yang tidak perlu diragukan.

Terlihat pengguna banyak membeli Hand & Body Lotion dan pelembap Wajah, dari brand lokal menjadi incaran untuk tampil maksimal. Namun, pencarian produk Smartphone juga menjadi yang tertinggi di pulau ini.

Bali

Sebagai pulau yang disebut dengan surganya destinasi wisata, Pulau Bali tampaknya akan menjadi tempat berlibur yang akan ramai dikunjungi.

Sejalan dengan hal tersebut, produk  Kebaya Bali, Kacamata Hitam, dan Sunscreen, menjadi produk paling ramai dicari untuk persiapan dalam menyambut para turis lokal maupun luar negeri.

Kalimantan

Pulau Kalimantan yang sedang mengalami musim pancaroba dari panas menuju musim hujan, produk kebutuhan seperti Jas Hujan, Jaket Pria & Wanita, serta Hoodie, menjadi produk lokal dan UMKM paling laris di puncak kampanye 11.11.

Terlihat pengguna sudah mempersiapkan perlengkapan untuk menyambut musim hujan akhir tahun.

Sulawesi

Selain itu, Pulau Sulawesi juga memiliki banyak keberagaman dalam kebutuhan masyarakatnya. Temuan menarik dari perilaku belanja masyarakatnya, produk produk seperti Kipas Angin, Lampu Neon, serta Panci dan Wajan menjadi yang banyak dibeli di pulau Sulawesi.

Sepertinya produk-produk dari kategori Rumah Tangga menjadi kebutuhan utama di pulau ini.

Papua

Pulau Papua tak kalah mengejutkan dengan produk fashion seperti Celana Cargo, Jam Tangan Pria, Gelang Couple, dan Baju Couple menjadi produk favorit masyarakat.

Walau memang jauh dari Ibukota, masyarakat khususnya di pulau ini ternyata tetap up-to-date mengikuti tren yang ada, sehingga produk fesyen dan aksesoris tersebut menjadi incaran warga di sana. Big Sale 11.11 Shopee. (Istimewa)

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna, menyatakan kampanye 11.11 Big Sale yang berlangsung hingga 11 November lalu, telah menciptakan peluang baru bagi brand lokal dan UMKM dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Bisnis UMKM menjadi lebih kokoh, berdaya, dan mampu bersaing dalam ekosistem perdagangan online yang kian dinamis.

Monica menyebut, ada peningkatan transaksi hingga 7 kali lipat dari brand lokal dan UMKM di puncak kampanye dibandingkan hari biasa.

Hal ini menunjukkan bagaimana pelaku usaha lokal memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat dalam menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan penetrasi pasar digital yang inklusif.

"Kami berupaya mendorong para konsumen untuk semakin tertarik menjelajahi produk dalam negeri, seiring membantu brand lokal untuk dapat diterima seluruh masyarakat luas," kata Monica.

"Menariknya, di sepanjang kampanye 11.11 Big Sale ini pun kami merasakan tingginya minat konsumen untuk berbelanja produk lokal dan UMKM dari ragam kategori yang dihadirkan. Hal ini menjadi aspek penyemangat kami untuk selalu memberikan berbagai inovasi dan inisiatif yang bermanfaat bagi seluruh ekosistem, mendorong pertumbuhan bisnis lokal, dan memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen," lanjut Monica menjelaskan.

Tidak hanya itu, memperkuat potensi merupakan langkah lanjutan guna menciptakan bisnis yang berkesinambungan. Selain kampanye yang tengah berlangsung, dukungan berbagai program inisiatif, seperti Program Ekspor Shopee dapat menjadi salah satu strategi untuk memperluas bisnis ke pasar luar negeri.

Kesempatan ini ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh brand lokal dan UMKM di Shopee dimana tercatat peningkatan pesanan ekspor yang mencapai lebih dari 4 kali lipat pada puncak kampanye 11.11 Big Sale.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: