Rabu, 06 DESEMBER 2023 • 16:21 WIB

30 Contoh Kelebihan dan Kekurangan diri untuk Interview Kerja

Author

Ilustrasi wawancara kerja.

Saat wawancara kerja, kamu akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan perekrut untuk menggali lebih dalam tentang dirimu.

Salah satu pertanyaan yang sering kali ditanyakan ialah tentang kelebihan dan kekuranganmu. Pertanyaan itu seringkali membuat bingung karena untuk menjawabnya perlu refleksi diri dan mengenal diri lebih dalam.

Namun begitu, kamu tetap harus menjawabnya. Untuk membantu kamu berpikir, berikut beberapa contoh kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu jawab saat interview kerja, dilansir dari Skill Academy.

Kelebihan Diri saat Interview Kerja

Ilustrasi wawancara kerja.

Jika kamu ditanya apa kelebihan dari dirimu saat interview kerja, pada dasarnya, kamu bisa melihat sisi positif yang kamu miliki dan tak dimiliki oleh orang lain. Contohnya seperti berikut:

1. Kreatifitas tinggi

Kelebihan ini menjelaskan bahwa kamu mampu memberikan solusi kreatif dalam menangani permasalahan di tempat kerja.

2. Komunikatif

Keahlian berkomunikasi yang baik, memudahkan kerjasama tim dan penyampaian ide dengan jelas.

3. Kemampuan public speaking

Memiliki kemampuan public speaking artinya kamu nyaman dan percaya diri ketika berbicara di depan banyak orang, serta mampu berbicara dengan kata tersusun.

4. Memiliki kemampuan memimpin

Mampu memimpin tim dengan efektif dan mengambil keputusan yang tepat sangat berguna untuk memecahkan masalah yang ada di tim.

5. Kemampuan analisis yang tajam

Kemampuan ini menuntut kamu untuk bisa menganalisis situasi dengan cepat dan mengambil keputusan berdasarkan data.

6. Kemampuan adaptasi cepat

Kelebihan diri ini menandakan kamu bisa fleksibel dalam menghadapi perubahan, mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis.

7. Disiplin dan terorganisir

Memiliki ketertiban dalam menjalani tugas-tugas pekerjaan serta rapi dan terorganisir atas pekerjaan yang dilakukan.

8. Inisiatif tinggi

Selalu siap mengambil inisiatif tanpa menunggu instruksi, untuk meningkatkan produktivitas.

9. Memiliki networking luas

Mampu membangun hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitar, baik di dalam maupun di luar perusahaan.

10. Fokus pada hasil

Kamu berorientasi pada pencapaian hasil, dengan fokus pada target yang ditetapkan.

11. Memiliki keahlian teknis yang mumpuni

Dengan kelebihan ini, kamu menguasai keahlian teknis yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

12. Mampu berpikir strategis

Mampu berpikir strategis artinya kamu memiliki kemampuan dalam merencanakan langkah-langkah strategis untuk mencapai tujuan jangka panjang.

13. Menguasai bahasa asing

Kemampuan menguasai bahasa asing, seperti bahasa Inggris dan lainnya saat ini sangat diperlukan oleh perusahaan untuk proses negosiasi dengan mitra mancanegara.

14. Kemampuan mengelola waktu

Dengan kelebihan ini, kamu mampu mengelola waktu secara efisien untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan tepat.

15. Ketahanan emosional

Kelebihan ini lebih berhubungan dengan kondisi kesehatan mentalmu karena kamu mampu mengatasi tekanan dan stres dengan baik.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Panggilan Interview Palsu, Awas Penipuan!

Kekurangan Diri untuk Interview Kerja

Ilustrasi stres kerja. (xwork.co)

Setiap orang pasti memiliki kekurangannya tersendiri. Jika kamu bingung untuk mengetahuinya, ini beberapa contoh kekurangan diri untuk interview kerja.

16. Sulit tepat waktu

Kekurangan ini membuat kamu terkadang kesulitan dalam mempertahankan disiplin waktu.

17. Terlalu perfeksionis

Sering kali terlalu fokus pada detail atau terlalu perfeksionis dapat menghambat kemajuan tugas besar.

18. Kurang percaya diri

Memiliki kecenderungan meragukan diri sendiri dalam menghadapi tantangan baru menandakan kamu kurang percaya diri.

19. Sulit mengatakan 'Tidak'

Sulit menolak permintaan dapat membebani diri, sehingga tanggung jawab bisa jadi berlebih.

20. Kurang fleksibel

Sulit beradaptasi dengan perubahan secara spontan, sehingga kamu akan cenderung kaku di beberapa hal.

21. Tidak multitasking

Multitasking adalah kemampuan kamu untuk mengelola beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Di beberapa industri, hal ini bisa jadi kelemahan atau justru kelebihan.

22. Terlalu sensitif akan kritik

Mudah terluka oleh kritik, dapat mempengaruhi performa kerja dan dirimu sendiri.

23. Kurang berpengalaman

Masih tergolong baru dalam industri itu, membuat kamu mungkin kurang pengalaman dibandingkan pelamar lain.

24. Sulit berbagi tanggung jawab

Terkadang kesulitan berkolaborasi dengan anggota tim dan lebih suka bekerja sendiri akan menyulitkan dirimu sendiri.

25. Tidak percaya diri

Kecenderungan untuk menghindari risiko, dapat membatasi peluang pertumbuhan dirimu sendiri.

26. Kurang paham teknologi

Keterbatasan pengetahuan dalam teknologi terbaru yang relevan dengan industri membuat kamu sulit untuk berkembang.

27. Terlalu ambisius

Sifat ambisius memang diperlukan dalam hidup agar kamu memiliki gairah untuk meraih sesuatu. Namun, terlalu ambisius juga akan menyulitkan dirimu, bahkan bisa merugikan orang lain.

28. Kesulitan meminta bantuan

Sulit meminta bantuan kepada rekan kerja juga dapat menjadi kelemahan karena pekerjaan akan terhambat.

29. Kurangnya keterampilan presentasi

Beberapa industri membutuhkanmu untuk melakukan presentasi. Kesulitan dalam menyampaikan ide atau presentasi secara persuasif bisa menjadi kelemahanmu.

30. Kurang public speaking 

Sulit berbicara di depan banyak orang dan selalu terbata atau belibet saat berbicara bisa menjadi hal yang mengurangi performa kerjamu.

Baca Juga: 4 Tips Wawancara Kerja untuk Kamu yang Introvert

Itu dia 30 contoh kelebihan dan kekurangan diri untuk menjawab interview kerja. Kelebihan yang kamu miliki patut kamu kembangkan. Sebaliknya, jika kamu memiliki banyak kekurangan bisa kamu latih agar tak terlalu menonjol.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Skill Academy