Battle Round DSC di Perkebunan Teh: Buktikan 3P Para Challengers, Jawab Tantangan Leadership dan Berpikir Strategis
INDOZONE.ID – Sebanyak 24 challengers lolos ke babak Battle Round Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 dan dibawa ke perkebunan teh Takokak di Cianjur, Jawa Barat. Dalam tahap ini challengers tidak hanya akan belajar tetapi juga memberikan kontribusi nyata untuk pengembangan dan keberlanjutan sebuah bisnis.
Perkebunan teh Takokak sendiri sudah berdiri sejak tahun 1906. Sebagai perusahaan pengelola perkebunan teh ini, PT Harmoni Nirwana Lestari memproduksi teh dari hulu ke hilir. Mulai dari menanam, merawat, hingga memetik daun teh terbaik, serta mengemas dan memasarkan produk teh yang dikenal dengan nama Takokak Win's Tea.
Persaingan yang ketat membuat DSC semakin kreatif dalam memberikan tantangan kepada para challengers.
Baca Juga: Kolaborasi Dengan TNI, Bootcamp DSC Season 14 Berikan Pengalaman Berbeda
“Dengan menggabungkan Social Culture, Environment, dan Governance, challengers harus berpikir kreatif untuk membuat fondasi kokoh sebuah rekomendasi langkah strategis yang berkelanjutan untuk Takokak Win’s Tea dari hulu ke hilir,” ujar Program Initiator DSC, Edric Chandra.
Selesai menggali proses produksi Takokak Win's Tea, challengers yang dibagi menjadi tiga kelompok yaitu Lestari, Makmur, dan Jaya melanjutkan perjalanan ke Bandung. Di kota Kembang ini, ketiga kelompok menjawab tantangan DSC dengan melakukan riset pasar dan menjual teh Takokak Win's Tea di tiga kafe berbeda.
Dalam menjalankan tantangannya, challenger diberi waktu 3,5 jam untuk melakukan customer survey hingga melakukan penjualan dan pada akhirnya harus melaporkan hasil penjualan produk Takokak Win’s Tea tersebut.
Baca Juga: 450 Challenger Memasuki Tahap Nasional Selection DSC Season 14
Direktur PT Harmoni Nirwana Lestari, Kent Dixon mengapresiasi upaya para challengers dalam memberikan rekomendasi strategi bisnis sesuai dengan value dan positioning Takokak Win’s Tea. Dirinya juga sangat tertarik pada ide salah satu kelompok untuk dielaborasi dalam menjalankan bisnisnya.
“Mungkin dari rekomendasi tersebut ada yang bisa kami coba untuk diterapkan,” ujarnya.
Co-Founder Mbloc Space, Handoko Hendroprayono melihat dari sisi pemasaran para challengers. Menurutnya, pengetahuan dan kesukaan pada suatu produk akan membuat cara pemasarannya pun menjadi kreatif.
“Para challengers dalam menjalankan tantangannya mempunyai peluang untuk menjadi yang terbaik,” paparnya.
Kriteria 3P; Paham, Piawai, Persona menjadi penilaian yang signifikan pada babak battle round ini. Para Challengers dituntut memiliki pemahaman yang baik dari bisnis, piawai dalam berinovasi hingga mengeksekusi ide, serta memiliki kepribadian yang positif, baik saat bekerja sendiri maupun bekerja dalam tim.
Maju Ke Tahapan Seleksi yang Lebih Menantang
Webseries DSC Season 14 telah ditayangkan di youtube @diplomatsuccess telah ditayangkan sejak 21 November 2023. Melalui Webseries ini, DSC memberikan update para peserta sejak National Selection hingga final.
Setelah tahap Battle Round 1yang diikuti oleh Top 24 challengers, Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 akan menuju ke tahap Battle Round 2 dan lebih dekat meraih hibah modal usaha total Rp2,5 miliar, pendampingan berkelanjutan dari coach bisnis profesional, serta bergabung dalam jejaring wirausaha Diplomat Entrepreneur Network (DEN).
Nantikan update tentang DSC Season 14 di lini masa media sosial kami di Instagram @diplomatsukses, Facebook Wismilak Diplomat, Twitter @diplomat_sukses, dan situs www.diplomatsukses.com.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Press Release