Senin, 22 APRIL 2024 • 11:00 WIB

Apa Itu Kerja Remote? Simak Penjelasan dan Keuntungannya yang Harus Kamu Ketahui!

Author

Ilustrasi gen z sedang bekerja. (Freepik)

INDOZONE.ID - Kerja remote, atau sering disebut juga dengan istilah "work from home" atau "remote work", adalah praktik di mana pekerja melakukan tugas-tugasnya dari lokasi yang berbeda.

Biasanya kerja remote dilakukan dari rumah sendiri atau tempat lain yang disesuaikan untuk bekerja.

Praktik ini semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama seiring dengan kemajuan teknologi yang memungkinkan komunikasi dan kolaborasi online yang efektif.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang kamu dapatkan apabila melakukan pekerjaan secara remote!

Keuntungan Sistem Kerja Remote

1. Waktu yang Fleksibel

Ilustrasi pekerja freelance.

Salah satu keuntungan utama dari kerja remote adalah fleksibilitas waktu dan lokasi yang lebih besar bagi para pekerja.

Kamu  dapat mengatur jadwal kerja mereka sesuai dengan preferensi pribadi dan kebutuhan keluarga, serta memiliki kemampuan untuk bekerja dari mana pun dengan koneksi internet yang stabil.

Ini memberikan kamu kebebasan untuk menciptakan keseimbangan yang lebih baik antara kehidupan pribadi dan profesional.

2. Efisiensi Waktu dan Biaya

Ilustrasi gen z sedang bekerja. (Freepik)

Dengan bekerja dari rumah, para pekerja dapat menghindari waktu dan biaya yang dikeluarkan untuk berkomuter ke kantor.

Ini tidak hanya menghemat uang untuk transportasi dan makan siang di luar, tetapi juga mengurangi stres dan kelelahan yang terkait dengan perjalanan yang panjang.

Baca Juga: 5 Jurusan Kuliah yang Bisa Gampang Banget Dapat Kerja, Nomor 2 Banyak Dicari Perusahaan

Dengan demikian, mereka memiliki lebih banyak waktu dan energi untuk fokus pada pekerjaan mereka atau untuk menikmati waktu luang dengan keluarga dan hobi.

3. Meningkatkan Produktivitas

Ilustrasi bekerja (unsplash.com)

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kerja remote dapat meningkatkan produktivitas.

Tanpa gangguan dari pertemuan tatap muka yang tidak perlu atau percakapan sepele di koridor kantor, pekerja cenderung dapat fokus pada tugas-tugas utama mereka dengan lebih baik.

Selain itu, lingkungan yang tenang dan nyaman di rumah dapat membantu meningkatkan kreativitas dan konsentrasi.

4. Mengurangi Stres

Ilustrasi stres kerja. (xwork.co)

Kerja remote dapat membantu mengurangi tingkat stres yang terkait dengan perjalanan, tekanan sosial di tempat kerja, dan konflik antara kehidupan pribadi dan profesional.

Para pekerja memiliki fleksibilitas untuk menata lingkungan kerja mereka sesuai kebutuhan dan preferensi pribadi mereka, yang dapat menciptakan suasana yang lebih nyaman dan santai untuk bekerja.

5. Mengurangi Emisi

Ilustrasi polusi udara di Indonesia. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.)

Dengan lebih sedikitnya jumlah orang yang harus berkomuter setiap hari ke kantor, kerja remote juga dapat membantu mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan oleh emisi gas buang dari kendaraan bermotor.

Baca Juga: 3 Zodiak yang Merasa Tak Nyaman Jika Tidak Memiliki Pasangan

Ini sejalan dengan upaya global untuk mengurangi jejak karbon dan mendukung keberlanjutan lingkungan.

Kerja remote telah membuka pintu untuk cara-cara baru dalam mengatur dan melaksanakan pekerjaan.

Dengan memanfaatkan teknologi modern, para pekerja dapat bekerja dengan lebih fleksibel, efisien, dan produktif, sambil mengurangi stres dan meningkatkan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional. 

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Glints.com