Kategori Berita
Media Network
Jumat, 28 JULI 2023 • 15:15 WIB

5 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Menunda-nunda Pekerjaan

Ilustrasi malas bekerja (unsplash.com)

Kamu sering menunda-nunda pekerjaan? Ini berarti kamu punya salah satu masalah yang sering dihadapi juga oleh banyak orang.

Kebiasaan ini menjadi penghambat produktivitas dan akan membuatmu stres. Namun, jangan khawatir, ada cara-cara efektif untuk mengatasi kebiasaan menunda-nunda pekerjaan ini.

Berikut 5 cara yang dapat membantu kamu mengatasi kebiasaan menunda-nunda dan meningkatkan produktivitas.

1. Buat daftar prioritas pekerjaan

Ilustrasi memyusun jadwal di Google Calendar (unpslash.com)

Membuat daftar prioritas pekerjaan yang harus kamu selesaikan membantu kamu untuk tetap dalam zona fokus.

Ini karena kamu tahu bahwa ada pekerjaan yang memiliki deadline sangat dekat dan kamu tak ada waktu untuk bersantai lagi atau tergoda untuk menunda pekerjaan.

Kamu bisa tetapkan prioritas untuk setiap tugas berdasarkan tingkat urgensi dan pentingnya.

Baca Juga: Frugal Living Vs Slow Living, Mana yang Lebih Baik?

2. Pakai teknik Pomodoro

Ilustrasi bekerja menggunakan teknik Pomodoro (unsplash.com)

Teknik Pomodoro adalah salah satu metode manajemen waktu yang efektif untuk meningkatkan fokus dan produktivitas. Ini diterapkan guna menghindari rasa kewalahan yang dapat menyebabkan penundaan.

Metode ini melibatkan pembagian waktu kerja menjadi interval-interval pendek, misalnya 25 menit bekerja dan jeda singkat 5 menit. Setelah 4 interval, ambil istirahat lebih panjang selama 15-30 menit.

Dengan menggunakan teknik Pomodoro, kamu bisa mengatasi pekerjaan-pekerjaan kompleks dan membutuhkan ketelitian tinggi menjadi bagian-bagian yang lebih terkelola.

3. Beri batas waktu untuk setiap pekerjaan

Ilustrasi bekerja (unsplash.com)

Menetapkan batas waktu menjadi salah satu cara efektif untuk membuat kamu tetap fokus dan menghindari menunda-nunda.

Contohnya, kamu bisa tetapkan waktu 50 menit untuk menyelesaikan pekerjaan pertama.

Memiliki waktu terbatas akan membuat kamu menghindari membuang-buang waktu dan fokus pada pekerjaan yang perlu diselesaikan.

Baca Juga: 7 Cara Menigkatkan Kualitas Diri Jadi Lebih Baik, Yuk Terapin!

4. Singkirkan hal yang mengganggu

Ilustrasi bekerja tanpa gangguan (unsplash.com)

Media sosial, makanan ringan, atau kegiatan lain yang membuat kamu terdistraksi dari pekerjaan bisa kamu singkirkan terlebih dahulu.

Jika memungkinkan, ciptakan lingkungan kerja yang tenang dan bebas dari gangguan untuk meningkatkan konsentrasimu.

5. Hadapi pekerjaan dengan percaya diri

Ilustrasi mengerjakan pekerjaan (unsplash.com)

Kebiasaan menunda-nunda seringkali muncul ketika dihadapkan pada tugas-tugas yang dianggap sulit atau menakutkan.

Ketika ini terjadi, jangan biarkan rasa takut atau ketidakpastian menghalangimu. Hadapi tugas-tugas sulit dengan percaya diri dan tekad untuk menyelesaikannya.

Mulailah dengan mengidentifikasi hal-hal kecil yang pasti bisa kamu lakukan, kemudian lanjutkan sisanya. Semakin percaya diri kamu akan semakin mudah untuk mengatasi kebiasaan menunda-nunda.

Itu dia beberapa tips mengurangi kebiasaan menunda-nunda. Pada dasarnya, hal ini merupakan hal yang wajar terjadi pada manusia.

Namun, jika sudah mengganggu dan membuat pekerjaanmu terhambat, maka kamu perlu melawan kebiasaan menunda-nunda dan mencapai produktivitas yang lebih tinggi.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Hidup Kamu jadi Lebih Tenang

Ingatlah bahwa perubahan memerlukan waktu dan usaha, tetapi hasilnya akan memberikan manfaat jangka panjang bagi dirimu.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Berbagai Sumber

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

5 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Menunda-nunda Pekerjaan

Link berhasil disalin!