Kategori Berita
Media Network
Jumat, 13 SEPTEMBER 2024 • 13:48 WIB

Kontroversi TikTok Shop hingga Bikin Khawatir di Eropa dan Amerika Utara: Kenapa Ya?

Ilustrasi belanja online. (Freepik)

INDOZONE.ID - TikTok Shop, fitur dari platform media sosial populer TikTok, telah menjadi perbincangan hangat di berbagai belahan dunia. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbelanja langsung melalui aplikasi, menggabungkan e-commerce dengan hiburan sosial. 

Ilustrasi belanja online di ecommerce.

Namun, kehadirannya memicu kontroversi di berbagai negara terkait regulasi hingga dampaknya terhadap pasar lokal serta privasi pengguna.

Dalam beberapa bulan terakhir, TikTok Shop telah menarik perhatian jutaan pengguna global yang menyukai pengalaman berbelanja cepat, mudah, dan interaktif.

Banyak penjual kecil dan menengah, memanfaatkan platform ini untuk menjual produk mereka kepada audiens yang lebih luas. 

Baca Juga: Apa Itu Quiet Quitting? Fenomena yang Sedang Viral di TikTok

Dengan kemampuan TikTok untuk membuat konten viral, produk-produk ini sering mendapatkan perhatian besar melalui video-video kreatif yang diunggah para influencer.

TikTok Shop Bikin Khawatir di Eropa dan Amerika Utara

Namun, kehadiran TikTok Shop memicu kekhawatiran, terutama di Eropa dan Amerika Utara, terkait dampaknya terhadap bisnis lokal dan keamanan privasi. 

Di Inggris, misalnya, beberapa pemilik usaha kecil menyuarakan keprihatinan, bahwa platform ini dapat menggerus pangsa pasar mereka. Penjual lokal merasa TikTok Shop, dengan kemampuan iklannya yang besar, mampu menawarkan harga lebih rendah dan kompetitif, akan mempersulit mereka untuk bersaing.

Selain itu, isu terkait privasi dan keamanan data juga menjadi sorotan besar. Di Amerika Serikat (AS), beberapa anggota parlemen telah mendesak pengawasan yang lebih ketat terhadap bagaimana TikTok mengelola data pengguna, terutama ketika mereka terlibat dalam transaksi pembelian langsung melalui aplikasi. 

Kekhawatiran ini muncul mengingat rekam jejak TikTok dalam menghadapi tuduhan terkait privasi dan potensi penyalahgunaan data pribadi.

Milenial dan Gen Z TikTok Shop

Sementara itu, banyak pengguna dan pelaku bisnis online memuji TikTok Shop sebagai inovasi yang mempermudah belanja daring, terutama di kalangan milenial dan Gen Z. 

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: The Guardian, Financial Times

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

Kontroversi TikTok Shop hingga Bikin Khawatir di Eropa dan Amerika Utara: Kenapa Ya?

Link berhasil disalin!