INDOZONE.ID - Dalam kehidupan, manusia pasti pernah menghadapi perubahan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.
Ini terjadi karena lingkungan yang kita tinggali sifatnya selalu berubah dan dinamis, sehingga kita harus mulai terbiasa menyesuaikan diri dengan perubahan.
Namun, perubahan terkadang seri terjadi di luar kendali kita, terutama di tempat bekerja yang sehari-harinya selalu dihadapkan pada tugas dan tekanan.
Oleh karena itu, penting tahu cara melatih diri untuk beradaptasi dalam menghadapi perubahan, terutama perubahan di tempat kerja agar lebih siap menghadapi tantangan.
Kenapa Kemampuan Beradaptasi di Tempat Kerja Itu Penting?
Mengutip dari Asana, orang yang bisa beradaptasi di tempat kerja, membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan, berproses, dan menciptakan kerangka kerja saat berhadapan pada situasi tertentu.
Menjadi orang adaptif dalam lingkungan kerja, juga bisa membuat kamu jadi lebih proaktif dalam merespons situasi baru di kantor.
Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Cocok Menjadi Pemimpin di Tempat Kerja
Beberapa manfaat lain jika kamu mampu beradaptasi pada lingkungan tempat kamu bekerja, yakni:
- Membangun ketahanan diri yang menciptakan otak kamu jadi bekerja dalam menghadapi berbagai tantangan untuk menemukan solusinya.
- Membuat kamu terlihat menonjol. Karena biasanya orang yang mudah beradaptasi suka mencari cara untuk menemukan solusinya secara kreatif.
- Meningkatkan harga diri, kepercayaan diri, dan optimisme.
- Meningkatkan keterampilan bekerja, di mana membuat seseorang jadi lebih proaktif dalam pekerjaannya.
- Meningkatkan peluang dalam pekerjaan. Biasanya, orang yang mudah beradaptasi juga sering dipercaya oleh rekan atau atasannya karena dianggap mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Alhasil, mereka memiliki kesempatan untuk berkolaborasi hingga meningkatkan hubungan kariernya jadi lebih baik.
- Membantu mensejahterakan emosional, sehingga orang yang adaptif lebih mampu mengontrol rasa stres dan ketenangan mereka dalam sebuah pekerjaan.
6 Cara Melatih Diri agar Lebih Adaptif Menghadapi Perubahan di Tempat Kerja
Meskipun dihadapi oleh banyak perubahan yang bisa terjadi sewaktu-waktu, kamu nggak perlu takut untuk menghadapinya.
Berikut ada beberapa tips melatih diri agar lebih adaptif dalam menghadapi perubahan di tempat kerja, berdasarkan rangkuman dari Asana dan PsychCentral:
-
Belajar Menerima Perubahan
Belajar untuk menerima atau menanti perubahan, bisa membuat kamu jadi lebih siap hadapi segala perubahan yang terjadi.
Cobalah untuk melatih diri kamu dalam menerima segala perubahan situasi yang kamu hadapi di tempat kerja, baik saat sedang menghadapi tantangan maupun mencari solusi terbaik.
Yang terpenting, tetap bersikap baik pada diri sendiri dengan yakin, bahwa perubahan yang terjadi di sekelilingmu adalah cara melatih keterampilan dan kesempatan untuk memperluas relasi hingga peluang karier lebih baik.
-
Tingkatkan Keterampilan dalam Memecahkan Masalah
Saat bekerja mungkin kamu juga menghadapi banyak tantangan yang memerlukan solusi terbaik yang bisa kamu putuskan.
Nah, buat yang ingin melatih diri agar lebih siap dalam menghadapi perubahan di situasi ini, kamu bisa lakukan cara sederhana terlebih dahulu.
Sebut saja, mengidentifikasi masalah yang harus diselesaikan dan diskusikan dengan rekan kerja atau kalau perlu atasanmu, untuk mendapat berbagai perspektif sehingga dapat memutuskan solusinya secara tepat.
-
Latih Pikiran Emosional
Melatih pikiran emosional dengan cara berpikiran terbuka, tidak hanya akan mendapat solusi terbaik yang bisa menyelesaikan masalah.
Bahkan, kamu juga dapat lebih siap saat menghadapi perubahan mendadak atau tantangan baru yang akan melatih keterampilanmu.
Baca Juga: 5 Zodiak Paling Kompetitif di Tempat Kerja, Selalu Ingin Jadi yang Terbaik
Selain itu, dengan melatih pikiran emosional, terutama dalam lingkungan kantor, juga dapat menciptakan ruang pengertian, saling mendukung, dan saling menghargai setiap perbedaan yang ada.
-
Buka Ruang Kesadaran Penuh
Tidak ada salahnya untuk merenungkan sejenak perubahan yang terjadi di tempat lingkungan kamu bekerja.
Sebab, kamu bisa membuka ruang kesadaran untuk bisa berpikir secara rasional dalam menyelesaikan masalah atau tuntutan pekerjaan.
-
Beri Waktu ke Diri Sendiri
Setiap orang memiliki cara masing-masing dalam memecahkan masalah. Jadi, kamu tidak perlu harus buru-buru atau mengikuti cara orang lain untuk menyamai langkah mereka.
Ketika situasi menghadapkanmu pada bentuk perubahan, cobalah untuk memprosesnya secara perlahan. Dengan begitu, kamu tidak hanya mendapat solusi yang terbaik, tapi juga meminimalkan tekanan pada pikiran yang bisa membuatmu stres.
-
Keluar dari Zona Nyaman
Kenyamanan yang didapat di tempat kerja, memang menenangkan pikiran. Akan tetapi, tidak ada salahnya keluar dari zona kenyamanan untuk melatih diri kita menjadi lebih siap saat dihadapi pada perubahan yang tak menentu.
Jika ingin mencoba tips ini, kamu bisa mulai dari menempatkan diri dalam situasi baru yang menantang dalam menguji keterampilanmu. Kamu juga memiliki kendali atas hasilnya.
Misalnya, jika kamu tipe yang hanya menurut pada perintah atasan saat rapat, cobalah untuk mulai memberikan saran atau ide pada tim saat rapat berlangsung. Dengan begitu, kamu juga melatih diri kamu untuk terlihat proaktif dalam pekerjaan.
Cara orang beradaptasi pada perubahan yang terjadi di lingkungan tempat tinggal, memang memerlukan waktu.
Tidak ada salahnya untuk berlatih secara perlahan, sehingga kamu jadi lebih siap dan tahu langkah-langkah yang tepat untuk menghadapi setiap perubahan.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Asana.com, Psychcentral