Kamis, 12 JUNI 2025 • 17:24 WIB

Evolusi Wardah Kosmetik: Produk Kecantikan Halal dan Terjangkau hingga Berinovasi Punya Beauty AI

Author

Wardah (shopee)

INDOZONE.ID - Hingga saat ini, Wardah pun berhasil menjadi salah satu brand kosmetik dan skincare lokal nomor 1 di Indonesia. Harganya yang lumayan terjangkau membuat produk ini bisa digunakan semua kalangan wanita di Indonesia. Baik oleh kalangan ibu rumah tangga, wanita karier sampai tokoh ternama Indobesia.

Wardah dikenal menjadi brand make up, pelembap, perawatan kulit nomor 1 yang sudah diakui oleh masyarakat Indonesia. Mengutip situs devymua, brand yang berkembang pesat di bawah naungan perusahaan Paragon ini memiliki visi dan misi untuk mendukung para wanita Indonesia sehingga bisa memiliki penampilan yang cantik sesuai dengan karakter yang dimilikinya.

Perusahaan Paragon juga mempunyai visi untuk bisa memberikan manfaat untuk sekitarnya di antaranya dengan bersama-sama tumbuh bersama, memelihara bumi, mendukung pendidikan dan kesehatan bangsa, mengembangkan bisnis hingga menciptakan kebaikan untuk konsumen setia.

Baca Juga: 6 Pilihan Lipstik Wardah Terbaik untuk Bibir Gelap

Pelopor Kosmetik halal di Indonesia

Wardah dikenal sebagai brand kosmetik yang sejak awalnya menekankan pentingnya kehalalan di setipa produknya mengingat konsumen di Indonesia mayoritas beragama Islam. Mulai dari pemilihan bahan baku

Wardah dikenal sebagai brand kosmetik yang sejak awal berdirinya selalu menekankan pentingnya kehalalan dalam setiap proses produksinya.

Mulai dari pemilihan bahan baku, pengembangan formula, hingga proses manufakturnya, semua dilakukan dengan mengedepankan prinsip-prinsip yang sesuai dengan syariat Islam. Produk-produknya dibuat dari bahan yang aman untuk semua jenis kulit dan tidak melalui uji coba pada hewan atau metode yang menyakiti makhluk hidup lain.

Brand ini lahir dari gagasan Dra. Hj. Nurhayati Subakat, lulusan Farmasi ITB, yang sebelumnya bekerja sebagai staf Quality Control di sebuah perusahaan kosmetik. Setelah menghadapi musibah kebakaran pada usaha awalnya, ia memutuskan memulai kembali dengan mendirikan Wardah pada tahun 1999.

Di saat masyarakat belum akrab dengan konsep kosmetik halal, Wardah hadir dengan pendekatan berbeda—menawarkan produk kecantikan yang bersih, aman, dan sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Langkah ini menjadikan Wardah sebagai brand kosmetik pertama di Indonesia yang meraih sertifikasi halal dari MUI. Strategi tersebut terbukti efektif, bukan hanya sebagai diferensiasi di pasar, tetapi juga sebagai langkah inovatif dalam memadukan industri kecantikan dengan nilai-nilai kepercayaan konsumen Muslim.

Baca Juga: Wardah Kembali Gandeng 4 Desainer Ternama di Panggung MUFFEST 2020

Wardah Kini Hadirkan Kecantikan yang Lebih Personal Lewat Teknologi AI

Dari pelopor kosmetik halal, Wardah kini terus berevolusi dengan mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) demi menghadirkan pengalaman kecantikan yang lebih personal, inklusif, dan relevan untuk setiap individu.

Wardah Beauty AI. (INDOZONE/Nadya Mayangsari)

Sebagai brand yang memahami pentingnya menyesuaikan produk dengan karakteristik unik setiap orang, Wardah mengembangkan Wardah Beauty AI—teknologi berbasis data yang mampu merekomendasikan warna dan produk kecantikan sesuai warna kulit, kondisi kulit, hingga preferensi pribadi.

Teknologi ini didukung lebih dari 200.000 data dalam database internal Wardah, serta riset mendalam dari tim Research & Development. Sistem AI Wardah dilatih untuk mengenali pola dan kebutuhan spesifik tiap individu secara virtual.

“Inovasi Wardah Beauty AI lahir dari komitmen kami untuk menjawab kebutuhan konsumen, terutama dalam menemukan shade complexion yang tepat. Dengan teknologi AI, kami menghadirkan pengalaman kecantikan yang lebih imersif dan personal melalui analisis warna kulit, kondisi kulit, dan preferensi individu,” ujar Findi Novia Lusintasari, Wardah Decorative Marketing Group Head kepada media yang dihadiri Indozone pada Februari 2025 lalu.

Salah satu fitur unggulannya adalah AI Personal Colour, yang memberikan rekomendasi warna lipstik dan foundation paling cocok untuk setiap pengguna. Teknologi ini bisa diakses melalui produk interaktif seperti Robo Cushion, Lip Me Up, hingga skin test berbasis AI.

Wardah juga berkolaborasi dengan Pixie Lab untuk terus mengembangkan solusi teknologi lainnya, seperti:

  • Robo Cushion & Perfect Complexion Finder, yang membantu pengguna memilih shade cushion berdasarkan warna dan kondisi kulit.
  • Lip Machine, fitur analisis wajah untuk menemukan warna lipstik ideal sesuai preferensi dan karakteristik kulit.
  • Konsultasi berbasis AI yang sedang dikembangkan agar konsumen bisa mendapat rekomendasi produk lewat interaksi percakapan virtual.

Baca Juga: Evolusi Dunia Fashion di Indonesia, Desainer Musa Widyatmodjo Soroti Efisiensi Produksi dan Promosi

Melalui inovasi ini, Wardah tidak hanya menyuguhkan pengalaman kecantikan yang lebih cerdas dan intuitif, tapi juga mendorong industri kecantikan Tanah Air untuk lebih adaptif terhadap teknologi demi menjawab kebutuhan konsumen yang terus berkembang.

Dengan menggabungkan AI sebagai bagian dari ekosistem kecantikan yang lebih inklusif dan berkelanjutan, Wardah tidak hanya memberdayakan perempuan agar lebih percaya diri dalam menampilkan keunikan mereka, tetapi juga menetapkan standar baru dalam industri kecantikan berbasis teknologi di Asia Tenggara.

Langkah ini menegaskan bahwa teknologi bukan hanya sekadar untuk meningkatkan estetika, namun juga sebagai alat untuk mendukung kepercayaan diri dan ekspresi diri di era digital.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Liputan