Kategori Berita
Media Network
Senin, 13 NOVEMBER 2023 • 18:40 WIB

4 Cara Efektif Bekerja agar Kinerja Meningkat, Lakukan Ini!

Ilustrasi bekerja dengan teknik Pomodoro (unsplash.com)

Seringkali, orang yang bekerja berpikir bahwa ‘tidak ada cukup waktu dalam sehari’. Hal itu karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan dalam sehari, namun terbatasnya energi dan waktu.

Untuk mengatasi hal ini, menemukan cara untuk menjadi lebih produktif dan efisien di tempat kerja adalah hal yang dibutuhkan agar pekerjaan selesai tepat waktu dan menyisakan energi bagi diri untuk beristirahat.

Bagaimana caranya? simak ulasan berikut ini dilansir dari PushFar.

1. Kelola waktumu

Ilustrasi bekerja dengan mindfull (unsplash.com)

Mengatur waktu memanglah sulit dan terkadang tidak selalu berjalan sesuai rencana. Oleh karenanya, hal ini memerlukan fokus dalam mengetahui cara menghadapi keadaan yang tidak terduga.

Kurangnya istirahat, aktivitas berlebihan, dan kemalasan merupakan gangguan yang mungkin menyebabkanmu sulit memenuhi kewajiban. Untuk itu, atur waktunya dengan mulai mempersiapkan rutinitas harian atau mingguan, tetapi perhitungkan waktu untuk tugas-tugas yang tidak terduga dan berikan waktu beristirahat 5 menit sekali setiap 15 menit bekerja. 

Tetaplah pada waktu mulai bekerja di pagi hari dan pertimbangkan satu atau dua jam, jika memungkinkan, untuk mulai bekerja sebelum waktu mulai bekerja, agar bisa selesai dalam waktu lebih cepat.

Baca Juga: Mengenal Teknik Pomodoro, Cara Fokus Bekerja dan Belajar

2. Tahu bagaimana membuat keputusan yang baik

Ilustrasi bekerja menggunakan teknik Pomodoro (unsplash.com)

Hal ini memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, namun latihan dan belajar dari kesalahan dapat membantumu dalam hal ini.

Apa pun keputusan yang perlu kamu ambil, lihatlah tantangan, tujuan, dan permasalahan, dan cobalah membaginya ke dalam perspektif yang berbeda, sambil mengidentifikasi pilihan yang tersedia.

Cobalah buat buat daftar poin negatif dan positif dapat membantumu membuat pilihan yang tepat. Ketika kamu bisa mengelola keputusan ini dengan baik, maka akan lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan.

3. Tetapkan goals dan ceklis kegiatan

Menulis daftar jurnal (freepik.com)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Pushfar.com

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

4 Cara Efektif Bekerja agar Kinerja Meningkat, Lakukan Ini!

Link berhasil disalin!