20 Cara Ampuh Agar Tetap Fokus di Tempat Kerja (freepik.com)
INDOZONE.ID - Di tengah aktivitas kantor, menjaga fokus seringkali menjadi tantangan tersendiri. Beberapa gangguan di tempat kerja dapat menghambat produktivitas kita. Bagaimana caranya agar kita tetap bisa fokus dan produktif sepanjang hari? Berikut 20 cara ampuh agar tetap fokus di tempat kerja.
Rencanakan aktivitas anda. (freepik.com)
Perencanaan adalah kunci untuk menjaga fokus dan produktivitas. Setiap pagi, buatlah daftar tiga tugas paling penting yang harus diselesaikan hari itu. Metode perencanaan bisa berbeda untuk setiap orang; beberapa orang lebih suka daftar tugas yang diprioritaskan, sementara yang lain mungkin lebih suka jadwal kerja per jam.
Jangan lupa untuk merencanakan waktu istirahat juga. Otak kita tidak mampu bekerja selama delapan jam penuh tanpa jeda, sehingga istirahat sangat penting untuk menjaga energi dan fokus.
Buat rencana kerja setiap jam (freepik.com)
Jadwalkan semua tugas anda dari jam ke jam. Perencanaan yang lebih detail memiliki beberapa keuntungan, yakni anda lebih mengetahui apa yang harus diselesaikan di akhir hari, menetapkan ekspektasi realistis tentang waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas, dan tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya setelah menyelesaikan satu tugas.
Dengan cara ini, anda dapat memprioritaskan tugas-tugas yang membutuhkan energi lebih banyak di pagi hari saat Anda masih segar.
Tuliskan ide-ide anda. (freepik.com)
Ketika bekerja, kita sering mendapatkan banyak ide baru yang bisa mengganggu fokus kita. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menuliskan setiap ide yang muncul di notebook.
Ini membantu Anda mengosongkan pikiran dan kembali fokus pada tugas utama anda. Anda bisa mengevaluasi dan mengembangkan ide-ide tersebut nanti ketika sudah memiliki waktu yang lebih longgar.
Prioritaskan Daftar Tugas Agar Tetap Terorganisir (freepik.com)
Daftar tugas yang tidak terorganisir dengan banyak tugas yang belum selesai bisa membuat Anda merasa kewalahan dan kurang produktif. Pisahkan daftar tugas besar Anda menjadi tiga bagian: pekerjaan harian, mingguan, dan bulanan.
Prioritaskan daftar-daftar ini sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Setiap kali menyelesaikan tugas, coret dari daftar untuk melihat progres Anda dan merasakan pencapaian.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Scoro.com