Kategori Berita

KANAL

REGIONAL

Minggu, 07 JUNI 2026 • 15:15 WIB

Makan 1 Alpukat Sehari Bisa Bantu Kendalikan Gula Darah, Ini Alasannya

 Makan 1 Alpukat Sehari Bisa Bantu Kendalikan Gula Darah, Ini AlasannyaIlustrasi buah alpukat yang bisa kontrol gula darah. (Freepik)

INDOZONE.ID - Alpukat selama ini dikenal sebagai buah yang kaya nutrisi dan punya beragam manfaat kesehatan.

Selain baik untuk kesehatan jantung, tulang, dan sistem pencernaan, penelitian terbaru menunjukkan, konsumsi alpukat setiap hari juga berpotensi membantu mengendalikan kadar gula darah

Suatu penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Current Developments in Nutrition menemukan, mengonsumsi satu alpukat setiap hari dapat menurunkan beban glikemik (glycemic load) dalam pola makan seseorang.

Temuan ini menambah daftar manfaat alpukat bagi kesehatan, yang selama ini telah dikenal luas. 

Apa Itu Beban Glikemik? 

Dikutip dari Medical News Today, beban glikemik merupakan ukuran yang menunjukkan seberapa besar pengaruh jumlah tertentu dari suatu makanan, terhadap peningkatan kadar gula darah. 

Baca juga: Rahasia Alpukat untuk Jantung dan Tekanan Darah yang Sehat

Menurut para peneliti, pola makan dengan beban glikemik yang lebih rendah dapat membantu mencegah diabetes, serta menurunkan risiko beberapa jenis kanker dan kematian akibat berbagai penyebab. 

Dalam penelitian terbaru tersebut, para peneliti menemukan, konsumsi alpukat setiap hari secara konsisten, membantu menurunkan beban glikemik makanan yang dikonsumsi peserta penelitian. 

Satu Alpukat Sehari, dan Pengaruhnya terhadap Gula Darah 

Penelitian ini merupakan analisis lanjutan dari studi sebelumnya yang dikenal sebagai Habitual Diet and Avocado Trial. 

Dalam penelitian tersebut, peserta dibagi menjadi dua kelompok: 

  • Kelompok pertama, diminta mengonsumsi satu alpukat ukuran besar setiap hari.
  • Kelompok kedua, tetap menjalankan pola makan biasa mereka.
  • Sebagai pembanding, kelompok kontrol dibatasi untuk mengonsumsi maksimal dua buah alpukat per bulan. Intervensi ini berlangsung selama enam bulan. 

Makan 1 Alpukat Sehari Bisa Bantu Kendalikan Gula Darah, Ini AlasannyaIlustrasi alpukat. (FREEPIK)

Seluruh peserta berusia minimal 25 tahun, dan memiliki lingkar pinggang yang tergolong tinggi, yang sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit metabolik. 

Selain konsumsi alpukat yang telah ditentukan, para peserta diminta untuk mempertahankan pola makan dan gaya hidup mereka seperti biasa, selama penelitian berlangsung. 

Perubahan Pola Makan pada Kelompok Konsumsi Alpukat 

Hasil penelitian menunjukkan, kelompok yang mengonsumsi alpukat setiap hari memiliki asupan beberapa nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. 

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Medical News Today

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

Makan 1 Alpukat Sehari Bisa Bantu Kendalikan Gula Darah, Ini Alasannya

Close
Close
Close
Close
Link berhasil disalin!